Orang Dermawan - Pengajian KH. Abdul Ghofur - Pengasuh PP. Sunan Drajat Paciran Lamongan

Free Download Pengajian KH. Abdul Ghofur [Pengasih PP. Sunan Drajat]

kh. abdul ghofur



Tahu Sunan Kalijaga? Ya Sunan Kalijaga, Ya beliaulah Sang Empunya Wali Songo yang dianggap paling berhasil meng-Islam-kan tanah jawa. Ada yang tau sebabnya beliau sampai sepeti itu. Menurutku karena sikap beliau dalam mengahadapi orang yang jawa yang awan banget tentang agama itulah yang menyebabkan beliau diterima dimanapun berada (masyarakat). Atas dasar itulah akhirnya beliau (Sunan Kalijaga) berdakwah dengan penyesuaian masyarakat disekitarnya dengan memainkan wayang ataupun sebagainya. 

Sunan kalijaga adalah putra Adipati Tuban zaman dahulu. Beliau juga juga terkenal dengan sebutan Brandal Lokajaya karena beliau suka merampok. Tapiii beliau perampok yang dermawan. Hasil rampokan beliau tidak di makan sendiri tapi dibagikan kepada rakyat jelata yang miskin. Dan beliau juga tidak sembarang merampok, orang yang dirampok beliau adalah orang kaya yang tidak mau bersedekah atau membagi rizki Allah tersebut. Artinya beliau adalah perampok yang baik hati alias dermawan. 

Orang dermawan itu banyak disukai orang orang. Meskipun orang dermawan tersebut orang nakal sekalipun. Kok bisa ? Jawabannya dengering pengajian KH. Abdul Ghofur ya.