Friday, 27 September 2013

Kitab Ihya' Ulumuddin Juz 4 - Pengasuh PP. Sunan Drajat

Allah Dzat Yang Maha Kaya. Allah tidak membutuhkan kita tapi kitalah yang membutuhkan Allah. Segala yang diciptakan Allah di muka bumi ini adalah tanda-tanda kekuasaan-Nya. Tafakur terhadap ciptaan Allah akan menimbulkan rasa takut kepada Allah. Dalam undang-undang agama mengatakan barang siapa yang takut (taqwa) maka surga adalah tempat. Perasaan yang penting dalam mendekatkan diri kepada Allah adalah rasa raja' (pengharapan) kepada Allah.

Rasa cinta terhadap Allah rasa tenangnya jiwa bermesraan dengan Allah, contohnya mudahnya bila ada seorang yang bermesraan dengan sang kekasih maka waktu akan terasa singkat, semalam rasanya seperti satu jam. Segala bisa terlupa, karena yang di ingat adalah sang kekasih. Begitu pula bila hati kita sudah muncul rasa cinta dan rindu kepada Allah.

Berusahalah mendekat kepada Allah dengan rasa cinta. Barang siapa yang cinta Allah maka Allah pula akan cinta kepadanya. Nabi Musa bila wawancara dengan Allah nabi Musa merasakan nikmat yang luar biasa yang tidak terkira, karena salah kemukjizatan nabi Musa adalah bisa langsung berbicara dengan Allah langsung tanpa pelantara  malaikat jibril.