Monday, 7 October 2013

Sistem Pendidikan Dan Pengajaran Di Pesantren



Sistem Pendidikan Dan Pengajaran Di Pesantren


Sistem Pendidikan Dan Pengajaran Di Pesantren - Dalam realitasnya, penyelenggaraan system pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren dewasa ini dapat digolongkan kepada 3 bentuk :

  1. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam, yang pada umumnya pendidikan dan pengajaran tersebut diberikan dengan cara   nonklasikal (system bandungan dan sorogan) dimana eorang kiai mengajar santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh ulama-ulama besar sejak abad pertengahan, sedang para santri biasanya tinggal dalam pondok atau asrama dalam pesantren tersebut. 
  2. Pesantren adalah nlembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang pada dasarnya sama dengan pondok pesantren tersebut diatas, tetapi para santrinya tidak disediakan pondokan di kompleks pesantren, namun tinggal tersebar diseluruh penjuru desa sekeliling pesantren tersebut (santri kalong), di mana cara dan metode pendidikan dan pengajaran agama Islam diberikan dengan system weton, yaitu cara santri datang berduyun-duyun pada waktu-waktu tertentu. 
  3. Pondok pesantren dewasa ini merupakan lembaga gabungan antara system pondok dan pesantren yang memberikan pendidikan dan pengajaran agama Islam Bandungan, sorogan ataupun wetonan dengan para santri disediakan pondokan ataupun merupakan santri kalongan, yang dalam istilah pendidikan pondok modern memenuhi criteria pendidikan nonformal, serta menyelenggarakan pula pendidikan formal berbentuk madrasah dan bahkan sekolah umum dalam berbagai banyak tingkatan dan aneka kejuruan menurut kebutuhan masyarakat masing-masing. 

source :http://love-islam-13.blogspot.co.id/