Wednesday, 10 June 2015

Test Kemiringan Otak – Dermatoglypich Multiple Intelligence

Beberapa waktu yang lalu saya pernah berbagi artikel namun isinya masih copy paste total yang berjudul test kemiringan otak namun isinya tidak membahas apa itu test kemiringan otak. Sebenarnya saya penasaran dari mana ilmu kemiringan otak itu yang sering di sebut dalam pengajian Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur yang mana beliau sendiri pernah melakukan sebuah test tersebut. Dalam test tersebut berhasil menemukan/mengetahui kemampuan, bakat, kekurangan, kekuatan otak kanan dan kiri dan sebagainya. Saya mencoba mencari buku dan artikel yang membahas tentang hal tersebut (kemiringan otak) namun belum berhasil. Sampai pada suatu saat saya tidak sengaja menemukan dan membacanya dalam sebuah buku yang telah di jadikan ebook yang berisi tentang test kemiringan otak tersebut hanya sebagian saja. Bila Pengasuh PP. Sunan Drajat menyebutnya Test Kemiringan Otak namun dalam buku ini Menyebutnya dengan Dermatoglypich Multiple Intelligence.

Dijelaskan secara singkat dalam buku tersebut bahwa seseorang telah melakukan scaning terhadap dirinya dengan cara memindai sidik jari hanya dalam beberapa detik dengan sebuah alat. Ya. Dengan beberapa detik saja dengan alat tersebut dapat diketahui kemampuan, bakat, potensi, kekurangan dan lain sebagainya. Hebat. Teknologi memang hebat. Di dalam  DMI (Dermatoglypich Multiple Intelligence) ada beberapa kriteria yang akan di paparkan yaitu :
  1. Kecerdasan Logika Matematika ; seringkali dikaitkan dengan Scientific Thinking (berpikir ilmiah). Merupakan kemampuan untuk mengenali bentuk atau pola, memahami simbol abstrak seperti angka dan bentuk geometris serta kemampuan dalam memberikan penjelasan secara deduktif dan induktif. Tingginya potensi ini akan membantu seseorang dalam membuat pertimbangan dan mencari solusi dari masalah yang timbul dan mampu menerapkan metode pemikiran yang berbeda dalam situasi yang berbeda.
  2. Kecerdasan Bahasa; merupakan kemampuan untuk memproduksi bahasa, baik secara lisan atau tulisan serta peka dalam perbedaan dan penggunaan irama dalam kata-kata. Potensi yang tinggi pada kecerdasan bahasa akan membantu seseorang dalam menyampaikan ide, melakukan persuasi, dan lebih percaya diri untuk mengekspresikan diri
  3. Kecerdasan Intrapersonal ; merupakan kemampuan untuk memahami perasaan, ide dan tujuan pribad, refleksi diri serta mampu melihat atau mengamati diri sendiri seperti orang lain mengamati dirinya. Potensi yang tinggi pada kecerdasan ini akan membantu seseorang dalam berinteraksi dengan dirinya sendiri sehingga muncul pemahaman tentang tujuan hidupnya. Hal ini akan membantunya dalam mengontrol arah dimana akan melangkah.
  4. Kecerdasan Interpersonal ; merupakan kemampuan untuk memahami orang lain, memperhatikan perbedaan antar individu, kemampuan bekerja sama, serta kemampuan untuk mengembangkan empati. Potensi yang tinggi pada kecerdasan ini akan
  5. Kecerasan Kinestetis Jasmani ; merupakan kemampuan untuk menggunakan ketrampilan motorik kasar dan halus untuk mengekspresikan emosi dan menggunakan bahasa tubuh.
  6. Kecerdasan Visual Ruang ; merupakan kemampuan untuk membayangkan bentuk sebuah benda dan mevisualisasikannya secara abstrak atau konkret.
  7. Kecerdasan Musikal ; merupakan kemampuan dalam menentukan nada, irama dan kepekaan pada suara dari sekitar kita, baik suara manusia atau instrument musik.
  8. Kecerdasan Naturalis ; merupakan kemampuan yang behubungan dengan pemahaman akan alam sekitar, pengenalan flora dan fauna, serta memiliki keterikatan dengan alam dan segala fenomenanya.
Sungguh hebat ya dengan sidik jari saja dapat diketahui kemampuan dan bakat seseorang bahkan kekurangannya. Namun yang hebat adalah yang Maha Menciptakan. Allah. 

Dalam Al Qur’an telah dijelaskan bahwa setiap manusia adalah unik. Setiap jari manusia dengan yang lain tak pernah sama. Memang Tak pernah sama. Buktinya mudah saja. Pernah lihat check lock di perusahaan atau sekolah yang memanfaatkan sidik jari? Yang dari ratusan pegawai atau siswa tak pernah sama sidik jarinya. Betapa Yang Maha Agung menciptakan dunia ini yang telah di atur segalanya. 

Semoga artikel Test Kemiringan Otak – Dermatoglypich Multiple Intelligence ini dapat bermanfaat.  Silakan bagikan kepada teman yang lainnya agar mereka juga mengerti.

Wallahu A’lam Bi Showab


EmoticonEmoticon