Friday, 19 June 2015

Hati-hati Dengan Acara Televisi Zaman Sekarang!

tv jadul
Dunia broadcasting sekarang ini telah semakin maju. Salah satunya di bidang pertelevisian. Di era yang serba maju ini hampir semua orang telah memiliki perangkat televisi. Namun yang perlu di perhatikan adalah tentang acara televisi tersebut. Ya memang teknologi broadasting maju namun acara-acaranya belum tentu kan.

Musik + Masak ?

Banyak di antara stasiun televisi berlomba-lomba membuat acara yang tidak jelas yang tidak kemana acara tersebut. Contoh saja acara Musik yang di padukan dengan acara memasak. Coba di pikir. Apakah dengan memasak sambil menyanyi membuat masakan menjadi lebih enak, lebih gurih ? Tentu tidak kan ? Awal-awal memang acara ini benar-benar berisi acara musik yang menampilkan band atau penyanyi tapi lama-lama acaranya jadi alay jadi musik + masak.

Lomba Menyanyi

Ini adalah salah satu acara alay yang saya tidak suka. Bagaimana tidak, lah acara dari setelah magrib sampai tengah malam cuma nyanyi-nyanyi saja. Tidak jelas pula kemana di bawah para peserta yang telah menjadi juara. Yang jadi juri yang itu melulu dan gaya dandanan yang "aneh"

Baca juga :
1. Naik Bis Haram
2. Profil Pondok Pesantren As Salafy Terpadu Ar Risalah Lirboyo Kediri
3. Review NET TV

Musik + talk show

Ada juga acara yang musik di tambah dengan acara tambahan talk show yang mana artisnya itu-itu doang. Di stasiun TV A si artis itu di stasiun TV B si artis itu juga. Artis tersebut seakan-akan menjadi dewa saja, padahal tidak begitu penting dya ngapain toh dya beda dengan kita kan.

Stasiun Televisi + Berita Memihak

Kalau Anda melihat berita televisi jangan mudah percaya dulu ya. Karena apa sekarang televisi sudah jarang yang mengantarkan berita yang real. Terkadang di manipulasi pula. Di stasiun TV A kata kalah di stasiun TV B katanya kalah. Ini karena kepemilikan stasiun TV tersebut. Lah bagiamana TV A miliknya si Fulan ya jelas menampilkan (baca : melebih-lebihkan) kebaikannya si Fulan. Ada juga berita pengalihan. Yang mana isi berita tersebut agar menjadi trending topik dan menutupi berita tertentu yang berhubungan dengan pihak-pihak tertentu. hati-hati dengan kabar berita zaman sekarang.

Pernah saya meriview sebuah stasiun televisi yang memang pantas di acungi jempol karena acara-acaranya yang memang bagus. Bahkan sangat kreative. Memang kreativitas setiap stasiun berbeda namun harus bisa memilih dan membuat acara-acara yang benar-benar layak untuk di tampilkan.


Tulisan ini tidak bermaksud menjelekkan stasiun televisi manapun. Dengan adanya tulisan semoga acara-acara yang tayang di stasiun televisi semakin lama semakin baik, tidak memihak, transparan dan semakin kratif, menjadi stasiun televisi yang menginspirasi. Bukan sekedar tontonan namun juga sebagai tuntunan.