Tuesday, 16 June 2015

Lorong Waktu Dalam Al Quran

Anda pernah dengar orang jawa mengatakan “wong urip nang dunyo iku mung mampir ngombe”? Sering kita dengar dalil tersebut ya? Ya memang karena tempat yang kekal adalah di akhirat sana. Dalil tersebut benar karena perbedaan waktu yang sangat jauh antara alam dunia dan akhirat.
kitab al quran
Ada sebuah hadist yang diriwayatkan imam bukhari yang artinya “jadilah kami di dunia seakan-akan orang asing atau seorang pengembara.”  Antara orang asing dan pengembara memiiki kesamaan yaitu melakukan pekerjaan yang dilakukan dalam waktu singkat. 

Albert Einsten yang terkenal ilmuan yang diakui dunia namun ternyata salah satu teorinya telah ada dalam Al Qur’an yaitu Teori Dilatasi Waktu. Sudah pernah dengar tentang dilatasi waktu? Intinya dilatasi waktu adalah fenomena yang dijelaskan dalam teori relativitas dimana waktu yang dirasakan oleh sesuatu yang diam akan terasa lebih lama dibandingkan dengan waktu yang ditempu benda yang bergerak dengan syarat benda yang bergerak itu tersebut memiliki kecepatan mendekati kecepatan cahaya, yaitu 3x10*8 m/s.
Namun pernyataan tersebut telah ada sebelum Einsten yang telah tertulis dalam kitab Suci Al Qur’an Surat As Sajdah ayat 5
  

  يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّون


Artinya : Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.

Namun mungkin perlu sedikit penjelasan. Kita ambil contoh mudanya saja. Bumi = benda bergerak (Berotasi-Berevolusi). Akhirat = Benda Diam. Jadi bumi yang bergerak akan terasa cepat namun kenyataanya di akhirat (benda diam) itu adalah hanya sebentar. Di ayat di atas di jelaskan bahwa 1 hari akhirat = 1000 tahun bumi. Lalu bagaimana manusia yang berumur 80 tahun di dunia ? Kita akan
mencari 1 jam akhirat = (?)... tahun dunia
 
Kurang lebih begini : 

1 hari = 24 jam 
1 hari akhirat = 1000 tahun dunia
1 jam akhirat = 1000 tahun dunia / 24 jam(1hari) akhirat 
1 jam akhirat = 41 tahun dunia

    وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلا تَعْقِلُونَ

Artinya : Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?


Misalnya umur manusia di dunia 80 tahun berarti Cuma 2 jam di akhirat. Waktu yang sangat singkat, maka dari itu gunakan sebaik-sebaiknya.

Wallahu’alam bi showab


EmoticonEmoticon