Wednesday, 8 July 2015

Misteri Malam Lailatul Qodar

Misteri Malam Lailatul Qodar - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ramadhan ada malam yang di tunggu-tunggu yakni malam lailatul qodar. Malam lailatul qodar setara dengan 1000 bulan sekitar 83 tahun

Misteri Malam Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang penuh misteri. Di mana kapan terjadinya malam lailatul qodar tidak di jelaskkan dalam al qur'an dan hadist.  Banyak ulama' menafsirkan malam ini dengan salam satu malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Menurut Imam Ghozali malam lailatul qodar dihitung dengan hari awal ramadhan: bila ramadhan di mulai hari ahad dan rabu lailatul qodarnya berarti malam 29 ramadhan, bila senin lailatul qodarnya malam 21 ramadhan, bila selasa dan jumat maka lailatul qodarnya 27 ramadhan, bila kamis maka lailatul qodarnya 25 ramadhan, bila hari sabtu maka lailatul qodarnya pada malam 23 ramadhan.  

Pandangan Ilmiah Malam Lailatul Qodar

Apakah ada penjelasan ilmiah mengenai lailaul qodar ? Mungkin hampir sama dengan penjelasan di artikel tentang dilatasi waktu. Bahwa pada waktu tertentu bumi di diamkan atau di perlambat. Namun kita tak menyadari hal tersebut. Pada artikel tersebut di jelaskan bahwa Bumi = Benda bergerak (Berotasi - berevolusi) sedangkan alam akhirat = diam (tetap). Ingat hukum dilatasi waktu yang mana waktu yang dirasakan oleh sesuatu yang diam akan terasa lebih lama dibandingkan dengan waktu yang ditempu benda yang bergerak dengan syarat benda yang bergerak itu tersebut memiliki kecepatan mendekati kecepatan cahaya, yaitu 3x10*8 m/s. Untuk lebih jelasnya silakan baca Lorong Waktu dalam Al Qur'an.

Baca juga :
1. Naik Bis Haram
2. Profil Pondok Pesantren As Salafy Terpadu Ar Risalah Lirboyo Kediri
3. Review NET TV


Hikmah dibalik Malam Lailatul Qodar 

Di atas sudah di jelaskan bahwa malam lailatul qodar adalah malam misteri. Dimana malam tersebut kita tidak tau kapan pastinya terjadi. Atau kah jangan-jangan di bulan ramadhan tidak malam Lailatu Qodar? Wallahu 'Alam.

Kalaupun kita tahu kapan waktu lailatul qodar maka dengan mudah kita melakukan ibadah pada malam tersebut. Misalnya di tentukan lailatul qodar tanggal 27 ramadhan, tentunya dengan antusias pada malam itu kita semalam suntuk melakukan ibadah karena pahala yang berlipat ganda. Dengan 'Ketidaktahuan' kita tentang kapannya malam lailatul qodar maka seakan-akan kita 'menggiring' dari awal ramadhan sampai akhir ramadhan untuk semangat melakukan ibadah. 

Dalam memancing ikan kita butuh umpan untuk bisa mendapatkan ikan. Sama saja hal ini dengan Lailatul qodar yang pada malam itu kita diberikan pahala  berlebih, berlipat-lipat ketika melakukan ibadah. Pahala tersebut menjadi 'umpan' kepada kita untuk semangat melakukan ibadah. Namanya juga umpan bisa saja kita 'menipu' ikan yang mana dengan umpan tersebut ikan agar dapat kita pancing. Apakah benar-benar ada lailatul qodar itu ataukah sekedar umpan ?

Wallahu'alam Bi Showab


EmoticonEmoticon