Saturday, 1 August 2015

Aidrat - PP Sunan Drajat Lamongan


Setiap pagi sekitar jam 8.30 pada hari sabtu sampai kamis beberapa orang sedang berjalan menuju arah selatan di kawasan PP. Sunan Drajat. Mereka adalah para santri yang ikut bekerja di Aidrat. Aidrat merupakan salah perusahaan milik KH. Abdul Ghofur. Perusahaan ini memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK).
aidrat pp sunan drajat

aidrat pp sunan drajat

Dalam sebuah kesempatan saya sempat bertanya kepada salah satu karyawan di perusahaan ini yang juga berstatus sebagai santri drajat. Dia mengatakan Aidrat setiap harinya menartarjetkan memproduksi AMDK Gelas 3000 box (kardus) setiap hari. Yang mana 2000 untuk produksi siang hari dan malam hari 1000 box (kardus). Untuk air minum galon produksi tergantung dari permintaan.


Baca juga
1. Kasiat Surat Al Waqiah Agar Rezeki Lancar
2. Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Al Munawwwir Jogjakarta
3. Botol Ajaib Abu Nawas

Perusahaan ini bisa dikatakan mengalami perkembangan pesat. Dahulu, tahun 2011 perusahaan ini hanya melayani isi ulang galon. Namun akhirnya dapat berkembang seperti sekarang. Dahulu perusahaan ini terletak di sebelah timur jalan, timur asrama asy-syafii, tepatnya di sebelah utara putra pengasuh PP. Sunan Drajat. Di sebelah utara rumah itulah awal mulah muncul perusahaan ini, ruanganya sangat kecil. Untuk mengoptimalkan penghasilan dan dengan tekat yang optimis akhir perusahaan ini terus berbenah. 

Hasil laba dari perusahaan ini sendiri digunakan untuk membantu pengasuh PP. Sunan Drajat membiayai pembangunan PP Sunan Drajat yang kian lama kian besar. Untuk pemasaran, perusahaan ini banyak memasarkan ke masyarakat sekitar, dan wali santri sendiri. Daerah pemasaran tersebut meliputi wilayah lamongan, bojonegoro, tuban, gresik, jombang, kediri dan daerah sekitar. 

Dengan adanya aidrat ini juga seluruh santri medapatkan air minum gratis. Dengan diberikanya air minum gratis ini pihak PP. Sunan Drajat berharap meringkankan biaya hidup para santri di pesantren. 


EmoticonEmoticon