Monday, 17 August 2015

Ketika Kuliah Salah Jurusan - Tips Memilih Jurusan Kuliah

Ketika Kuliah Jurusan - Tips Memilih Jurusan Kuliah. Salah jurusan disini bukan salah jurusan naik bis atau angkutan. Salah jurusan yang dimaksudkan disini adalah salah mengambil jurusan dalam hal pendidikan. Mungkin Anda pernah dengar "Ah, kuliah salah jurusan ni..". Apakah benar seperti itu ? Lalu kalau salah jurusan kenapa tidak pindah jurusan saja ? Mungkin jawabannya bermacam-macam. 

kuliah salah jurusan

Baca juga :
1. Profil Pondok Pesantren La Tansa Cipanas Lebak Banten
2. Hukum Rokok Dari Berbagai Lembaga Bergensi Di Dunia
3. Syair Al Itiraf Sebuah Pengakuan Karya Abu Nawas

Pilih Dengan Tepat dan cermat

Sebelum anda memasuki dunia pendidikan sebaiknya dicermati dahulu jurusan yang di pilih. Memang terkadang ada jurusan yang nama mirip alias hampir sama. Contohnya saja dalam bidang IT ada berbagai macam jurusan di bangku kuliah, ada Teknik Informatika, Sistem Informasi, Multimedia, dan lain sebagainya. Anda bisa tanya tentang jurusan yang anda masuki kepada senior di jurusan tersebut ataupun di mencari informasi tentang jurusan tersebut di internet. 

Dan juga tepat sasaran, artinya jurusan yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Mungkin ada baiknya meraba kemampuan atau hobi yang anda sukai kemudian menerapkannya ke dalam dunia pendidikan. Misalnya hobi mesin motor, bongkar mesin mobil dan sebagainya mungkin jurusan yang cocok adalah teknik mesin. Atau juga yang suka selfie atau edit foto di hp android mungkin jurusan yang tepat adalah jurusan perselfian. hehehe!!! Just Kidding


Pindah jurusan, perlukah ?

Kalau sudah terlanjur salah jurusan bagaimana ? Apakah perlu pindah jurusan ? Sebenarnya ini tergantung bagaimana Anda menyikapi salah jurusan tersebut. Biasanya yang menjadi kendala adalah karena masalah kampus yang mana tidak membolehkan mahasiswanya pindah jurusan karena mahasiswa tersebut telah dimasukan buku induk mahasiswa nasional. Namun juga ada kampus yang membolehkan mahasiswa pindah jurusan tanpa mengulang dari awal namun ijazahnya baru bisa keluar beberapa tahun setelah wisuda. 

Masalah biaya juga terkadang menjadi masalah karena biasanya kalau pindah jurusan akan biaya yang di keluarkan. Biaya tersebut tergantung dari pihak kampus. Kalaupun tidak mengulang dari awal semester mungkin agak ringan bahkan tidak bayar sama sekali. 

Pendidikan perkuliahan biasanya 4 tahun (8 semester). Nah pada pertengahan atau semester 4 ada yang baru sadar kalau salah jurusan. Apakah juga perlu pindah ? Jawabannya relative karena situasi dan kondisi seseorang berbeda dengan yang lain. Masalah target umur juga menjadi kendala, misalnya umur 23 tahun sudah lulus namun kalau mengulang dari awal karena salah jurusan bisa lulus umur 25. Nah kalau begitu ada baiknya Anda bermusyawarah dengan keluarga, dosen atau teman-teman Anda. Perhatikan after effectnya, kalau pindah jurusan bagaimana kalau tidak pindah jurusan bagaimana



Jangan jadikan alasan

Ini adalah yang sering muncul ketika di tanya tentang jurusannya. Karena salah jurusannya nilai kuliahnya jeblok lalu dengan mudahnya bilang kalau nilai jelek karena salah jurusan. Lalu apakah kalau sudah pindah jurusan nilainya membaik ? Belum tentu, karena ada menjadikan "salah jurusan" tersebut sebagai alasan karena nilai jelek. Bahkan menyalahkan pihak kampus atau dosen yang gini gitu padahal dari sisi mahasiswa tersebut tidak mampu menerima ilmu dari dosen dan kampus tersebut. Ada yang bilang kampusnya gini gitu lah. Kebanyakan alasan. Kalau pun di terima di kampus yang bonafit yang lengkap pun  belum tentu mahasiswa tersebut mampu menerima ilmu-ilmu dari kampus tersebut. Jangan jadi orang cerewet. Toh kalau ilmu manfaat dan barokah nantinya akan dapat ilmu yang di inginkan tanpa di sangka-sangka.


Kesimpu(e)lan

  1. Pilih jurusan dengan tepat dan cermat
  2. Kalau sudah terlanjut salah jurusan pertimbangkan apakah pindah jurusan atau tidak, pertimbangkan after effectnya
  3. Jangan suka menjadikan salah jurusan untuk menutupi nilai yang kurang
  4. Biar ilmu yang di dapat bermanfaat dan barokah sebaiknya belajar dahulu kitab yang mempelajari tentang adab mencari ilmu (Kitab Ta'lim Muta'alim)


EmoticonEmoticon