Thursday, 22 October 2015

Hati-hati, Lowongan Kerja Palsu

Lowongan Kerja Palsu - Dengan kemudahan teknologi di zaman modern ini membuat orang menjadi kreatif, ada yang kreatif untuk hal positif ada juga yang hal negatif. Contoh hal positifnya dengan memanfaatkan teknologi kita bisa belajar dengan mudah karena dengan adanya internet kita bisa leluasa membaca informasi dimanapun dan kapanpun. Contoh negatifnya dengan adanya facebook maka seseorang bisa saja menjadikannya untuk menipu orang lain dengan cara berjualan produk yang tidak sesuai dengan apa yang di promosikan. Agar dapat bisa memilih kerja yang tepat silakan baca Tips Mencari Kerja

lowongan kerja palsu

Hal lain yang perlu di waspadai adalah adanya lowongan kerja palsu. Ya palsu alias lowongan kerja tidak ada namun berbaya. Hal ini sangat meresahkan bagi masyarakat yang menginginkan kerja. Misalnya saja bila ada perusahaan pencari tenaga kerja palsu yang mencari karyawan namun akan di tempatkan di perusahaan lain, nah untuk bisa masuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut perusahaan palsu ini mengimingi-imingi dengan gaji besar dengan syarat membayar dengan jumlah tertentu. 

Praktek seperti di atas marak terjadi. Adapula yang memanfaatkan email palsu untuk mengundang pencari tenaga kerja. Contohnya : PT. BATAKU mempunyai website www.bataku.com, ini di manfaatkan oleh para penipu dengan membuat pengumuman di internet dengan blog atau web gratisan mengumumkan rekruitment dengan mengirim lamaran kerja ke email perusahaan, dengan alamat email palsu batakau@usa.com. Ini adalah email palsu, seharusnya yang benar adalah domainya di belakang mail@bataku.com bukan bataku@usa.com. 

Dan bila anda mengirim lamaran maka akan di di balas dengan email yang mirip misalnya bataku@gmail.com. Kalau di logikan kenapa ganti email? Padahal email dari perusahaan sudah ada. Mereka akan di undang ke suatu tempat untuk test dan test ini berbayar, para calon karyawan akan di minta membayar dan akan di ganti perusahaan. Padahal itu hanya praktek wisata penipuan atas nama perusahaan tertentu. Jadi Anda harus hati-hati. Perhatikan alamat email dengan benar, atau yang paling mudah silakan ketik nama perusahaan di mesing pencari google maka akan muncul profil perusahaan tersebut. Namun untuk perusahaan yang berskala kecil kemungkinan tidak mempunyai website. Intinya jangan pernah mau untuk membayar yang tidak masuk akan untuk rekruitment perusahaan.

Praktek seperti di atas banyak yang tidak tahu. Mereka mengatas namakan perusahaan besar, misalnya saja PT Petrokimia, PT Semen Indonesia, dan lainya. Ini merupakan praktik penipuan yang harus di waspadi.


EmoticonEmoticon