Friday, 4 December 2015

Ngajinya Santri PP Sunan Drajat Angkatan Tahun 2010, 2009, 2008, 2007

Pernah menjadi santri di PP Sunan Drajat pada tahun 2010 ke bawah (2010, 2009, ......) ? Mungkin foto di bawah  ini sudah tidak asing lagi. Itu adalah kitab yang ngaji malam jumat yang di tulis langsung oleh Pengasuh PP. Sunan Drajat, Dr. KH. Abdul Ghofur. 

sistem pendidikan di pesantren




Dahulu ngaji untuk semua santri berbeda dengan yang sekarang. Dahulu kitabnya langsung di tulis Pengasuh PPSD namun sekarang kitab kuning umum yang bukan karangan beliau. Waktu itu kitabnya berupa foto copi tulisan tangan beliau, jadi bisa tahu tulisan beliau langsung. Yang ngaji malam jumat baik putra maupun putri di masjid agung. Waktu itu masih Masjid Agung sangat muat untuk semua santri putra putri namun sekarang sepertinya tidak muat karena semakin hari semakin banyak yang nyantri di PP Sunan Drajat.




Baca juga :
Cak Lontong, Salam Lemper
Mimpi Terindah - Kisah Abu Nawas
Kasiat Surat Al Waqiah Agar Rezeki Lancar


 
Suasana ngajinya pun berbeda dengan yang dahulu. Ngajinya sebelum tahun 2010 ngaji khusyu karena Santri Sunan Drajat waktu tidak begitu banyak seperti sekarang. Di tambah lagi ngajinya malam jumat sekitar pukul 20.00 sampai 21.30 jadi suasana ngajinya nyaman dan tenang.

Masjid Agung PP Sunan Drajat adalah tempat ngajinya malam jumat bersama KH. Abdul Ghofur waktu . Tidak seperti sekarang yang ngaji Jumat Pagi di Masjid Jelag dengan santri yang banyak. Jelas suasananya berbeda. Karena waktu pagi dan juga semakin banyaknya santri yang mondok di PP Sunan Drajat.

Itulah sedikit cerita masa lalu tentang ngajinya para santri angkatan 2010, 2009, 2008 dan 2007 ke bawah. Bagikan ke teman yang lain agar bisa bernostalgia. Hehehe. Terima Kasih.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon