Tuesday, 8 December 2015

Sarung, Pakaian Multi Fungsi Bagi Santri

Sarung, Pakaian Multi Fungsi Bagi Santri - Bagi para santri sarung adalah pakaian yang tidak asing lagi. Sarung merupakan pakaian wajib ala santri. Dalam kegiatan sehari-hari di pondok pesantren sarung merupakan pakaian yang harus di pakai. 

sarung dan pakaian santri


Sarung merupakan pakaian unik yang mana sarung dianggap pakaian multi fungsi. Dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya saja.

Sarung Sebagai Selimut

Pada malam hari adakalanya tidak tidur di kamar. Terkadang tidur di serambi masjid atau mushola. Lah di tempat inilah sarung di butuhkan sebagai selimut.

Sarung sebagai Handuk

Dengan adanya sarung para santri tidak perlu lagi membawa handuk untuk mandi. Dengan adanya sarung sudah dapat dijadikan sebagai pengganti handuk.

Sarung sebagai Bantal 

Sebagai santri sudah sepatutnya hidup sederhana. Di pesantren para santri di ajarkan untuk hidup sederhana. Salah satunya yakni ketika tidur. Di pesantren ketika tidur jarang ada santri membawa bantal. Malah para santri biasanya tidur tanpa memakai bantal. Kalau santri tersebut di rumah sudah terbiasa memakai bantal dan tidak bisa tidur tanpa bantal sarung merupakan bantal alternatif. Dengan melipat-lipat sarung maka dapat dijadikan bantal. Itulah beberapa aktifitas santri di pesantren. Semoga menjadikan manfaat dan barokah untuk kita semua, amin.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon