Thursday, 3 December 2015

Sholat Dhuha dan Manfaatnya

Sholat Dhuha dan Manfaatnya - Sholat dhuha mempunyai banyak manfaat. Diantara adalah mempelancar rizki. Banyak dari para pengusaha muslim yang merekomendasikan untuk melakukan sholat dhuha karena dapat memperlancar rizki. Waktu dilaksanakannya sholat dhuha adalah kira-kira jam 7 sampai sampai 11 siang (dimulai matahari diatas seujung tombak, kira-kira pada jam 7 ke atas sampai jam 11 siang)
Tata cara dan bacaan sholat dhuha


Niat Sholat Dhuha
Adapun niat sholat dhuha adalah sebagai berikut :

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatad dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala. 
Tata Cara Sholat
Bilangan rokaat untuk sholat dhuha adalah dua rokaat dan maksimum 8 rokaaat. Tiap-tiap dua rokaat salam. Untuk masalah bacaan seperti halnya sholat biasa namun ada yang mengatakan (pendapat Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khotib) dianjurkan untuk membaca surat pendek yang dibaca setelah membaca surat Al Fatihah adalah surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Sebenarnya masalah bacaan surat jangan terlalu dipermasalahkan. Kalau belum hafal surat-surat tersebut bacalah surat sebisanya. Yang penting dhuha daripada tidak sama sekali. 

Adapun doa dhuha adalah sebagai berikut :


اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal 'ishmata 'ishmatuka. allaahuma inkaana rizqii fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’iidan fa qarribhu, bihaqqi duhaa-ika wa bahaa-ika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash shaalihiin.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Bagi para santri sudah sepatutnya untuk melakukan sholat dhuha. Karena dengan sholat dhuha sekarang tapi efeknya akan terasa bila sudah kembali ke masyarakat atau sudah tidak berada di pondok, InsyaAllah rizki akan lancar, mudah mencari pekerjaan, yang membuka usaha akan sukses, rizki di mudahkan. Tunggu apalagi, ayo sholat dhuha. Biar kaya raya dan punya harta berkah.

Ada yang mengatakan pula dengan sholat dhuha dapat menjadikan wajah kita berseri-seri dan tidak terlihat cepat tua. Kalau sudah begitu silakan sholat dhuha dan nikmati hasilnya. Untuk santri mahasiswa dan mahasiswi di PP Sunan Drajat biasanya setelah mengaji kitab ihya ulumuddin para  santri langsung sholat dhuha. Semoga saja yang mau melakukan sholat dhuha dimudahkan dan dilapangkan rizkinya. Amiiin

Jika artikel bermanfaat untuk sesama silakan dibagikan ^_^

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon