Monday, 29 February 2016

Alasan Mengapa Santri Belum Kembali ke Kampung Halaman

Alasan Mengapa Santri Belum Kembali ke Kampung Halaman - Pesantren merupakan lembaga pendidikan agama yang bertujuan untuk mencetak kader-kader ulama, dai, ustadz, ustadzah yang siap menyebarkan Agama di muka bumi. Santri merupakan sebutan bagi seseorang yang menimbah ilmu di pesantren. 

Alasan Mengapa Santri Belum Kembali ke Kampung Halaman


Para santri setelah menyelesaikan belajar di pesantren akan kembali ke kampung halaman atau bisa juga ditugaskan oleh pesantren ke daerah tertentu, atau juga bisa santri tersebut sengaja di tinggal di daerah tertentu dengan niat berdakwah. Namun adapula santri yang tetap tinggal di pesantren, mereka memiliki alasan-alasan tertentu, kira-kira apa saja mereka tetap tinggal di pesantren ? Yuks simak

Mengabdi di Pesantren

Di dalam pesantren tentunya ada aktifitas belajar mengajar agama, kalau hal itu terjadi tentunya di butuhkan seorang ustadz atau ustadzah yang siap mengajar para santri. Karena hal ini lah para santri yang seharusnya kembali ke kampung halaman tetap tinggal di pesantren untuk membantu aktifitas belajar mengajar di pesantren. Atau bisa juga santri tersebut di minta oleh pengasuh pesantren untuk membantu dalam proses belajar mengajar di pesantren.

Belum Selesai Ngaji 

Ketika berada di pesantren seseorang terkadang memiliki target tertentu. Misalnya saja khatam kitab tertentu, hafalan Al Quran, dan lain sebagainya. Karena alasan tersebutlah seorang santri belum ingin pulang ke kampung halamannya. Bila telah selesai terget yang di inginkan baru lah para santri tersebut pulang ke kampung halamannya. 


Menunggu Jodoh


Seperti halnya manusia lainnya para santri pun tentunya berkeinginan untuk berkeluarga. Bicara masalah berkeluarga, ada loh santri yang tetap tinggal di pesantren karena belum bertemu jodoh. Sambil menunggu bertemu jodoh santri tersebut mengabdi untuk pesantren, entah itu mengajar, membantu bersih-bersih pesantren atau yang lainnya. Baru setelah ketemu jodoh dan menikah biasanya mereka akan kembali ke kampung halaman atau juga bisa tinggal di rumah pasangan. 

Di sisi juga bisa yang menjadi alasan seseorang belum meninggalkan pesantren karena sudah bertemu calon pasangan di satu pesantren dan si calon tersebut belum lulus jadinya menunggu lulus. Setelah itu sama-sama pulang ke kampung halaman dan menikah.
So Sweet kah ? :D

Bertemu Jodoh Di Sekitar Pesantren

Hampir mirip dengan poin di atas, jodoh. Kanan kiri pesantren biasanya terdapat masyarakat desa atau dusun yang terkadang mengerti tingkah para santri. Tingkah sopan santun para santri ini membuat orang yang tinggal di sekitar pesantren kagum dan ingin menjadikannya bagian dari keluarga mereka, mungkin lebih tepatnya di jadikan menantu, baik menantu laki-laki atau perempuan. Karena tinggal dekat pesantren mereka akhirnya juga turut membantu aktifitas pembelajaran di pesantren, mengabdi kepada Kiai.

Bingung

"Setelah keluar dari pesantren ngapain ya " Mungkin ini juga ada di benak para santri. Seperti halnya manusia lainnya para santri juga bisa merasakan bingung. Alasan inilah yang mungkin menyebabkan mereka enggan untuk kembali ke kampung halaman. Mau kerja? kerja apa, mau berdakwah di mana, dan lain-lain.

Karena sudah nyaman tinggal di pesantren akhirnya mereka memutuskan untuk tetap tinggal di pesantren sambil menemukan titik terang kemana mereka harus melangkah selanjutnya.

Semoga bermanfaat, dan Silakan bagikan kepada yang lain tulisan ini dan terima kasih sudah membaca.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon