Monday, 9 May 2016

Nasi Boranan - Makanan Khas Lamongan

Nasi Boranan - Makanan Khas Lamongan - Makanan Khas Lamongan : Soto Lamongan, Pecel Lele, Tahu Campur, dan satu lagi Nasi Boranan. Itulah deratan makanan khas lamongan yang akan membuat lidah anda bergoyang karena merasakan lezatnya makanan-makanan khas lamongan tersebut.

Makanan khas lamongan yang jarang dijual di luar daerah lamongan adalah Nasi Boranan atau orang Lamongan menyebutnya Sego Boranan atau Sego Boran. Kata boranan berasal dari boran, boran merupakann wadah serba guna yang terbuat dari anyaman bambu. Semua penjual menggunakan tempat ini untuk tempat nasi, karena itulah disebut nasi boranan. 

Nasi Boranan - Makanan Khas Lamongan

Bumbu nasi boranan ini pun khas, terbuat dari bumbu rempah-rempah pilihan dan berbagai bumbu dapur, seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan berbagai bumbu lain yang membuat semakin nikmat untuk di santap.

Selain bumbu, nasi boran juga disajikan dengan urapan, rempeyek, berbagai jenis ikan : ayam, lele, belut, bandeng, udang dan ikan lain yang dapat dipilih sendiri.

Jika berkunjung ke lamongan jangan lupa untuk menikmati makanan khas lamongan ini. Karena Sego Boranan ini terbilang langkah, hanya ada di lamongan. Jika di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainya sudah ada Soto Lamongan dan Tahu Campur Lamongan namun tidak ada yang menjual Nasi Boranan ini. Memang orang Lamongan terkenal dengan orang jago masak, bahkan dan teman yang mengatakan bahwa orang selain lamongan mengaku orang lamongan agar makanan laris. Waw-waw. Hehehe

Para penjual Nasi Boranan ini bisa anda temui di pusat kota lamongan : Selatan Gedung Bupati, Sekitar Alun-alun, Pasar Lamongan, Jalan Sunan Drajat Lamongan Kota, tempat lainnya di sekitar kota lamongan. Para penjual nasi boranan ini biasa berada di trotoar yang sudah disediakan oleh pemerintah untuk berjualan yang tentunya tidak akan menggantu aktifitas di jalanan. Jika makan di tempat maka disediakan tikar untuk menikmati makanan ini.

Tempat lain yang biasanya ada penjual nasi boran adalah sekitar SPBU Tikung Lamongan, Jalan ke arah paciran, pertigaan sukodadi. Untuk tempat lain belum pernah lihat secara langsung.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon