Wednesday, 1 June 2016

Download Pengajian KH. Abdul Ghofur Bab Nikah (1)

Download Pengajian KH. Abdul Ghofur Bab Nikah (1) - Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesuai peraturan yang diwajibkan oleh Islam. 



Kata zawaj digunakan dalam al-Quran artinya adalah pasangan yang dalam penggunaannya pula juga dapat diartikan sebagai pernikahan, Allah menjadikan manusia itu saling berpasangan, menghalalkan pernikahan dan mengharamkan zina.

Hukum pernikahan bersifat kondisional, artinya berubah menurut situasi dan kondisi seseorang dan lingkungannya.
  • Jaiz, artinya boleh kawin dan boleh juga tidak, jaiz ini merupakan hukum dasar dari pernikahan. Perbedaan situasi dan kondisi serta motif yang mendorong terjadinya pernikahan menyebabkan adanya hukum-hukum nikah berikut.
  • Sunat, yaitu apabila seseorang telah berkeinginan untuk menikah serta memiliki kemampuan untuk memberikan nafkah lahir maupun batin.
  • Wajib, yaitu bagi yang memiliki kemampuan memberikan nafkah dan ada kekhawatiran akan terjerumus kepada perbuatan zina bila tidak segera melangsungkan perkawinan. Atau juga bagi seseorang yang telah memiliki keinginan yang sangat serta dikhawatirkan akan terjerumus ke dalam perzinahan apabila tidak segera menikah.
  • Makruh, yaitu bagi yang tidak mampu memberikan nafkah.
  • Haram, yaitu apabila motivasi untuk menikah karena ada niatan jahat, seperti untuk menyakiti istrinya, keluarganya serta niat-niat jelek lainnya.
Sumber : Wikipedia Indonesia
 
Agar lebih paham silakan Download pengajian tentang nikah yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur selaku pengasuh PP Sunan Drajat.



Judul Pengajian Link Download
Tugas Pemimpin Keluarga Download
Sebab pernikahan Download
Kewajiban Menghidupi Keluarga Download
Rukun Nikah Download
Kewajiban Istri 1 Download
Kewajiban Istri 2 Download
Anjuran Untuk Menikah Download
Istri Yang Menyenangkan Suami Download
Pasangan Yang Mengajak ke Surga Download
Pasangan Yang Saling Menjaga Download
Syarat-syarat Nikah Download


Silakan Download. Kami menggunakan server Google Drive jadi kecepatan lebih cepat dan stabil ketika download. Nah itulah Pengajian KH. Abdul Ghofur Bab Nikah bagian Pertama. Bagian kedua akan ada di artikel selanjutnya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon