Monday, 11 July 2016

Alasan Mengapa Santri itu Calon Imam Keluarga Yang Tepat

Alasan Mengapa Santri itu Calon Imam Keluarga Yang Tepat - Menjadi seorang santri di pondok pesantren adalah hal yang menarik. Ada banyak sekali kelebihan belajar di pondok pesantren. Di Pondok Pesantren para santri di bekali berbagai ilmu dan pengalaman yang nantinya digunakan sebagai bekal hidup, baik hidup di dunia maupun di akhirat.

Setiap orang tentunya memiliki cita-cita untuk bekeluarga, memiliki pasangan hidup di dunia maupun di akhirat. Untuk para wanita di bawah ini ada alasan-alasan mengapa para santri itu bisa dijadikan pilihan sebagai imam yang tepat, yuk disimak :


Santri itu Mandiri

Hidup di pesantren memang dilatih untuk mandiri. Semua santri harus pandai-pandai mengatur waktu, keuangan dan lain sebagainya. Begitulah hidup di pesantren, yang pernah nyantri tentunya sudah paham akan hal ini.

Karena sifat yang sudah terbiasa mandiri itulah para santri di harapkan setelah lulus dari pesantren mampu mandiri karena sudah terbiasa hidup seperti itu. 



Santri Biasa Hidup Sederhana

Hidup di pondok pesantren bisa dikatakan serba terbatas. Lemari pakaian yang kecil contohnya. Memang demikian adanya, karena dengan begitu para santri terlatih hidup sederhana. Tidak seperti di dalam sinetron di televisi yang menampilkan kehidupan serba kecukupan.

Tidurpun sangat sederhana, bahkan sudah terbiasa tidur tanpa alas. Karena tujuan ke pesantren adalah belajar bukan pindah tidur. Jadi para santri tidak mencari tempat tidur yang nyaman.



Santri Pintar Mengatur Uang

Mendapatkan kiriman dari orang tua adalah yang bahagia. Walaupun jumlah tidak terlalu banyak namun bagi santri uang tersebut sangatlah beharga. Dan juga para santri harus pintar-pintar mengatur uang tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Karena wali santri juga mengirim uang dalam jangka waktu tertentu. 

Santri itu Banyak Teman

Suatu pondok pesantren tidak hanya di huni oleh para santri yang berasal dari satu daerah, namun dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada yang dari luar negeri. Semuanya berkumpul jadi satu untuk menimbah ilmu di pondok pesantren. Karena berasal dari berbagai daerah tentunya para santri mengenal berbagai teman yang berasal dari berbagai daerah. 


Santri itu Jago Masak

Ada pesantren yang membolehkan para santri untuk memasak sendiri namun ada pula yang tidak di izinkan untuk memasak di pondok pesantren karena alasan-alasan tertentu, misalnya karena tempat yang terbatas, takut terjadi kebakaran dan lain sebagainya.

Bagi yang pernah hidup di pondok pesantren yang diperbolehkan masak tentunya pernah melakukan masak memasak. Hal ini lebih irit daripada harus membeli makanan yang sudah jadi. Dan juga lebih terasa nikmatnya jika makanan tersebut kita yang memasak sendiri, walau itu rasanya tidak karuan. Hehehe.

Mampu Membawa Ke Surga-Nya

Ini hal yang utama. Hidup di alam fana ini adalah ujian yang mana tujuan utamanya adalah dapat menempati surga-Nya. Karena para santri telah memili bekal ilmu agama dan pengalaman maka InsyaAllah para santri siap membimbing keluarganya untuk menuju surga-nya


Begitulah kelebihan santri yang dapat dijadikan pertimbangan mengapa para santri itu cocok untuk dijadikan imam keluarga.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon