Wednesday, 6 July 2016

Manfaat Tidak Tidur Setelah Subuh

Manfaat Tidak Tidur Setelah Subuh - Tidur yang teratur akan membuat tubuh menjadi sehat. Tidur teratur tidak harus lama. Dalam ilmu kesehatan yang di tulis pada sebuah artikel bahwa minimal orang tidur adalah minimal 8 jam dalam sehari. Kurang lebih begitu. Namun saya kurang setuju, karena jika terlalu banyak tidur maka waktu kita akan sia-sia.

Coba saja hitung. Dalam sehari semalam waktunya adalah 24 jam dan di kurangi 8 jam untuk tidur. Berarti sisa 16 jam. 16 jam belum tentu produktif, terkadang juga digunakan hal yang tidak bermanfaat.

Kalau mau mencontoh ulama besar, Imam Syafii yang membagi waktu malam menjadi 3 bagian : 1/3 untuk belajar, 1/3 untuk istirahat/tidur, 1/3 untuk beribadah. Sungguh hebat beliau. 

Manfaat Tidak Tidur Setelah Subuh

Tidur yang baik harus tahu waktu. Ada sebuah pendapat dari pada ulama pada waktu tertentu dilarang untuk tidur, salah satunya setelah subuh. Apa sebabnya tidur setelah subuh dilarang, penjelasan di bawah ini semoga dapat menjelaskan : 

Setelah subuh udara segar dan bersih

Udara pagi memang terasa lebih sejuk dan segar apalagi yang hidup di pedesaan atau tinggal di dekat dengan tempat yang banyak tanaman maka akan terasa lebih segar. Karena udara yang segar inilah maka seseorang yang terbiasa tidak tidur setelah subuh maka akan merasakan kenikmatan menghirup udara segar. 

Lebih sehat

Berakfitas setelah subuh akan membuat tubuh lebih sehat. Misalnya saja digunakan untuk berlari kecil keliling daerah sekitar maka akan dapat membantu menyehatkan kita. Jika digunakan untuk tidur lagi maka seakan-akan membuang waktu yang penting karena di pagi hari kita dapat melakukan hal positif.

Atau setelah sholat subuh dapat digunakan untuk mempersiapkan aktifitas selanjutnya baik itu ke kantor maupun ke ke sekolah. Atau juga para ibu rumah tangga yang sibuk di dapur mempersiapkan makanan untuk keluarga tercintanya.

Dimudahkan rizkinya

Ada sebuah pendapat dari para ulama dalam suatu kitab kuning yang menyatakan bahwa orang yang tidak tidur setelah subuh maka rizkinya akan lancar. Orang-orang yang suka bangun pagi kemudian bekerja keras maka insyaAllah akan mudah rizkinya. Tapi kok masih ada yang bekerja dari pagi-pagi tapi kayaknya rizkinya seret ? Penyebab pastinya kurang tahu, karena setiap orang berbeda-beda latar belakangnya. Bisa saja orang sudah kerja keras dan tidak lancar rizkinya penyebabnya adalah ibadah yang kurang, shodaqoh yang kurang, atau juga bisa karena adanya dosa-dosa atau juga bisa disebabkan faktor lainnya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon