3 Keunggulan Pondok Pesantren Modern Gontor

3 Keunggulan Pondok Pesantren Modern Gontor- Pondok Modern Darussalam Gontor memperingati usianya yang ke-90 tahun pada hari ini, Sabtu (20/8). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga sebagai alumni di Ponpes Gontor di Ponorogo, Jawa Timur ini menyampaikan sejumlah keunggulan dan kekhasan pondok pesantren Gontor di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sejumlah keunggulan yang dimaksud adalah kedisiplinan, keikhlasan, dan keberkahan. "Kedisiplinan. Ini sesuatu yang khas yang kita temui di Gontor yang mungkin tidak kita temui di Ponpes yang lain," kata Lukman di Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (20/8).
3 Keunggulan Pondok Pesantren Modern Gontor- Pondok Modern Darussalam Gontor memperingati usianya yang ke-90 tahun pada hari ini, Sabtu (20/8). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga sebagai alumni di Ponpes Gontor di Ponorogo, Jawa Timur ini menyampaikan sejumlah keunggulan dan kekhasan pondok pesantren Gontor di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Sejumlah keunggulan yang dimaksud adalah kedisiplinan, keikhlasan, dan keberkahan. "Kedisiplinan. Ini sesuatu yang khas yang kita temui di Gontor yang mungkin tidak kita temui di Ponpes yang lain," kata Lukman di Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (20/8).

3 Keunggulan Pondok Pesantren Modern Gontor


Lebih lanjut, ia menjelaskan, terdapat tiga lembaga pendidikan dunia yang menjadi dasar acuan Ponpes Gontor dalam memberikan pendidikan pada santri-santrinya. Salah satunya yakni Universitas Al Azhar di Kairo. Namun, Ponpes Gontor dinilainya sama sekali tak mengambil atau mencontoh sistem kedisiplinan dalam mengajar dari tiga lembaga pendidikan tersebut.

"Saya merasa dari bacaan yang saya baca, itu tidak satupun Gontor mengambil inspirasi kedisiplinan. Jadi saya menduga dan meyakini ini murni dari pendiri," jelas dia.

Menurut dia, dengan kedisiplinan tersebut dapat menyatukan cara pandang seluruh santri yang berasal dari berbagai macam daerah, suku, dan budaya. Di Gontor, sambung dia, para santri juga dilatih untuk menjadi mandiri dan peka terhadap kondisi sesama.

Keunggulan Ponpes Gontor lainnya, yakni keikhlasan. Selain ikhlas, Lukman mengatakan, Gontor memiliki lima prinsip panca jiwa lainnya, yakni kesederhanaan, kemandirian, persatuan, dan kebebasan.

Dan kekhasan Ponpes Gontor yang ketiga, yakni keberkahan. "Saya selalu teringat Pak Haji Abdullah Sahal selalu mengatakan berkah itu anugerah. Tapi ada juga keberkahan yang bisa kita ikhtiarkan. Itulah yang terwujud dalam gerakan," jelas Lukman.

Menurut dia, di setiap materi pelajaran yang diajarkan oleh Ponpes Gontor selalu diisi dengan hal-hal yang memotivasi, menginspirasi, dan menanamkan kepercayaan diri pada santrinya.

Ia pun berharap, pendidikan di Ponpes Gontor dapat menjadi role model, khususnya dalam pendidikan Islam baik di tanah air maupun dunia.

"Gontor sudah menjadi iconic jadi lembaga pendidikan yang jadi role model, jadi contoh bagaimana mengembangkan lembaga pendidikan," tutup dia.

sumber : republika.co.id