Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kediri

Sejarah Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah didirikan oleh KH. M. Ma’roef Zainuddin beserta istrinya Nyai Hj. Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar pada tahun 1426 H., tepatnya pada bulan Syawwal atau bulan Februari 1995. Secara geografis, pondok pesantren ini terletak di Desa Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur, menempati satu komplek dengan Pondok Pesantren Lirboyo. Perkembangan yang relatif cepat pada lembaga yang baru ini ditindaklanjuti dengan pendirian Yayasan Pendidikan Ar-Risalah yang akta notarisnya diterbitkan pada tahun 1995. Satu tahun kemudian, pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar dimulai tahun pelajaran 1996-1997. Pada tahun pelajaran 1997–1998 mulai diadakan pembenahan pengelolaan pendidikan dengan pemilahan lokasi dan lembaga pengelola. Sesuai dengan namanya, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah mengelola tiga macam pendidikan yang berbeda. Hal ini dimaksudkan ketiganya tersebut bisa saling menambah dan melengkapi, yakni Pendidikan Alquran, Pendidikan Diniyyah, Pendidikan Umum, dan sebagai wadah pengembangan minat dan bakat santri diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.

Sejarah Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah

Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah didirikan oleh KH. M. Ma’roef Zainuddin beserta istrinya Nyai Hj. Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar pada tahun 1426 H., tepatnya pada bulan Syawwal atau bulan Februari 1995. Secara geografis, pondok pesantren ini terletak di Desa Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur, menempati satu komplek dengan Pondok Pesantren Lirboyo. Perkembangan yang relatif cepat pada lembaga yang baru ini ditindaklanjuti dengan pendirian Yayasan Pendidikan Ar-Risalah yang akta notarisnya diterbitkan pada tahun 1995. Satu tahun kemudian, pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar dimulai tahun pelajaran 1996-1997. Pada tahun pelajaran 1997–1998 mulai diadakan pembenahan pengelolaan pendidikan dengan pemilahan lokasi dan lembaga pengelola. Sesuai dengan namanya, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah mengelola tiga macam pendidikan yang berbeda. Hal ini dimaksudkan ketiganya tersebut bisa saling menambah dan melengkapi, yakni Pendidikan Alquran, Pendidikan Diniyyah, Pendidikan Umum, dan sebagai wadah pengembangan minat dan bakat santri diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.
Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kediri


Masing-masing lembaga pendidikan memiliki struktur kepengurusan dan kurikulum tersendiri, serta alokasi waktu yang berbeda. Pendidikan Alquran dilaksanakan setelah salat Shubuh, pagi hari diselenggarakan Pendidikan Umum, sore hari diadakan Pendidikan Diniyyah. Setiap hari Jumat diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang ditangani langsung oleh pengurus pondok. Untuk menjaga keseimbangan perkembangan santri dan kualitas pendidikan pesantren. Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah membatasi usia santri minimal 6 tahun untuk memasuki kelas 1 Sekolah Dasar. Selain itu, pendaftaran penerimaan santri baru diseleksi yang meliputi kemampuan berpikir, psikotes, dan kesehatan. Disamping menjaga kualitas pendidikan, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah juga ingin menumbuhkan kembali citra pesantren dengan menepis kesan atau anggapan masyarakat bahwa pesantren sebagai tempat penyembuhan anak bermasalah, tempat pendidikan bagi anak lemah berpikir. Dengan menunjukkan kualitas, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mulia dan berharga, lembaga pendidikan berpotensi mencetak generasi bangsa, mampu berpikir cerdas dan maju yang siap bersaing di tengah masyarakat modern dengan didasari Akhlaqul Karimah. Sejalan dengan bertambahnya jumlah santri, maka diadakan penambahan gedung serta sarana dan prasarana dalam setiap tahunnya. Sejak tahun 2005 dilaksanakan pembangunan Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah II diatas lahan 2 hektar, yang berlokasi di sebelah utara Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah I

Visi Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah:

  • Membentuk pribadi luhur yang jujur berdasarkan Akhlakul Karimah dan nilai-nilai keagamaan. 
  • Membentuk insan yang berilmu tinggi dan berwawasan luas
  • Mengembangkan potensi generasi muda Islam menjadi insan berpendidikan

Misi Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah:

  • Mengembangkan potensi intelegensi dan religi untuk membentuk intelektual muslim yang unggul dalam menciptakan, mengembangkan, serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dijiwai oleh Akhlakul Karimah sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. 
  • Mengembangkan kepribadian Rasulullah SAW dalam pendidikan sebagai proses terbentuknya cendekiawan muslim yang shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh.
  • Memadukan filosofi Islam dan ilmu pengetahuan modern untuk daya nalar berpikir kritis, kreatif, dan inovatif terhadap perkembangan zaman.
  • Membangun kemakmuran umat melalui kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan.
  • Pemandu generasi penerus untuk meraih kesempatan berkarya dan menempatkan diri dalam membangun kehidupan masyarakat dengan toleransi, peduli, dan berbudi.
   

Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Jl. Aula Muktamar No. 2 Lirboyo Kota Kediri - Jawa timur – Indonesia Telp: (0354) 770077 - (0354) 779977

http://arrisalah.org/