Tuesday, 23 August 2016

Rahasia Sukses 90 tahun Pondok Modern Gontor

Rahasia Sukses 90 tahun Pondok Modern Gontor - Di tengah perkembangan zaman yang penuh kompleksitas ini, Pondok Modern Darussalam Gontor masih mampu hadir dan berkiprah hingga menginjak usia 90 tahun. Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengungkapkan kunci sukses dari eksistensi Gontor dari sejak pertam kali didirikan hingga saat ini.

Rahasia Sukses 90 tahun Pondok Modern Gontor


“Salah satu rahasianya adalah keikhlasan dari para pendiri Pondok Modern Gontor serta pengelola Gontor,” ungkap Wakil Ketua MP RI, Hidayat Nur Wahid, kepada Republika, Ahad (21/8).

Kemampuannya untuk terus menjaga keikhlasan ini, Hidayat menambahkan, membuat Gontor tidak terjebak pada konflik ataupun kepentingan kelompok.

Kunci sukses Gontor masih tetap eksis juga disebabkan karena kemampuan Gontor untuk berkomunikasi secara efektif dengan pihak pemerintah tanpa harus terkooptasi dengan kepentingan politik pemerintah. “Ini menjadi nilai lebih dari Gontor sehingga Gontor tidak terkesan ekslusif,” kata Hidayat.
Hidayat yang juga alumnus Pondok Modern Gontor ini menyebutkan ada banyak pengalaman dan pelajaran yang ia dapatkan ketika menempuh pendidikan selama lima tahun di Pondok Modern Gontor. Kedisplinan yang ditanamkan Gontor sangat berperan dalam membentuk karakternya sehingga bisa sukses di tengah masyarakat.

Selain itu, Hidayat menambahkan, Pondok MOdern Gontor juga mengajarkan pentingnya berorientasi kepada keumatan. Menurutnya, alumni Gontor bertanggungjawab terhadap Islam dan umat Islam di manapun mereka berada.

Salah satu yang dilakukan Pondok Modern Gontor adalah dengan menyebar para santri untuk menjadi imam dan khatib di sekitar Gontor sebagai pembelajaran bagi mereka untuk terjun di masyarakat agar tidak canggung untuk berdakwah apaun profesi mereka nantinya.

Hidayat berharap Pondok Modern Gontor bisa terus menjaga segala amanah dan kepercayaan publik. Dia menilai menjaga amanah dan kepercayaan publik merupakan modal dasar agar Pondok Modern Gontor bisa terus eksis dan berkiprah di tengah masyarakat.

Dia juga berharap Gontor tidak henti melakukan dalam pengembangan dan pembenahan. Sebab, tantangan dan tuntutan zaman ke depan semakin komplek dan kompetitif. Untuk itu, dia menyimpulkan, Pondok Modern Gontor harus bisa menyipkan para kadernya untuk menghadapi tantangan kedepan.

Source: www.republika.co.id

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon