3 Kasiat Surat Al Mulk

3 Kasiat Surat Al Mulk - Surat Al Mulk merupakan surat yang ada dalam Juz 29 dalam Al Quran yang ada pada urutan pertama. Al Mulk adalah surat yang memiliki nomor urut 67 dan terdiri dari 30 ayat. Arti dari kata Al Mulk adalah Kerajaan. Al Mulk adalah termasuk surat yang Makkiyah karena turunnya sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW. Di bawah ada 3 kasiat surat Al Mulk agar kita senantiasa membaca surat ini. Dan tentunya juga semangat untuk membaca semua surat dalam Al Quran
3 Kasiat Surat Al Mulk
3 Kasiat Surat Al Mulk - Surat Al Mulk merupakan surat yang ada dalam Juz 29 dalam Al Quran yang ada pada urutan pertama. Al Mulk adalah surat yang memiliki nomor urut 67 dan terdiri dari 30 ayat. Arti dari kata Al Mulk adalah Kerajaan. Al Mulk adalah termasuk surat yang Makkiyah karena turunnya sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW.

Di bawah ada 3 kasiat surat Al Mulk agar kita senantiasa membaca surat ini. Dan tentunya juga semangat untuk membaca semua surat dalam Al Quran


1. Surat Yang Di baca Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur 


Surat Al Mulk merupakan surat yang selalu di baca Nabi Muhammad SAW sebelum beliau tidur. Berikut dasar dalilnya.

Dari Jabir bin Abdillah berkata, “Rasululullah tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif Laam Miim, Tanzil) dan (Tabaaraka Biyadihil Mulku).” (HR Tirmidzi).

Dari hadist di atas jelas sekali bahwa Nabi Muhammad tidak perna lupa untuk membaca surat Al Mulk ini. Sebagai ummat beliau seharusnya kita meniru sunnah beliau yang selalu terus menerus membaca surat Al Mulk sebelum tidur.

2. Memberikan Syafaat bagi Para Pembacanya


Manfaat yang sangat luar biasa membaca surat Al Mulk ini adalah dapat memberi syafaat kepada orang yang membacanya. Hal ini sebagaimana yang ada di dalam hadits berikut;

“Dari Abu Hurairah, Nabi SAW, beliau bersabda : “Ada surat di dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat yang akan memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai ia diampuni, yaitu, ‘Tabaarakalladzii biyadihil mulku..” (surat Al-Mulk)”. (HR Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Hadits ini juga bermakna dengan hadits lain dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Satu surat dalam Al-Quran yang hanya (terdiri dari) tiga pulat ayat yang akan membela orang yang selalu membacanya (kelak di hadapan Allah SWT) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat:”Maha Suci Allah yang di Tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan (Al-Mulk).

Dalam riwayat riwayat lain mengenai kisah sahabat Abdullah bin Abbas. Beliau memberitahukan mengenai tentang keutamaan dari surat ini.

Dari Ibnu Abbas, beliau berkata kepada seseorang : “Apakah kamu mau aku bacakan sebuah hadits yang dapat membuat kamu berbahagia?”

Orang itupun menjawab, “Tentu.”

“Bacalah surat Tabaarakalladzii bi yadihil mulku wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadir (Al-Mulk) hafalkan lalu ajarkanlah kepada keluargamu, anakmu orang-orang dalam rumahmu, dan tetanggamu. Sesungguhnya, surat tersebut memberi keselamatan dan syafa’at pada hari kiamat di hadapan Allah Swt. bagi orang yang membacanya. Surat ini akan memohon kepaa Allah Swt. agar menyelamatkannya dari azab neraka dan Allah akan menyelamatkan orang yang suka membacanya dari azab neraka.” (Musnad ‘Iid ibn Humaid)

Sungguh luar biasa kasiaat dari surat Al Mulk ini.

3. Penghalang Azab Kubur


Berdasarkan hadist di bawah ini dapat disimpulkan bawah Surat Al Mulk merupkan surat yang dapat menghalangi orang dari siksa kubur ketika berada di alam kubur.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih)

Begitulah kasiat-kasiat dari surat Al Mulk ini. Semoga kita selalu senantiasa semangat untuk membaca surat Al Mulk ini dan juga semua surat-surat yang ada dalam Al Quran. Amiiin...

Wallahu’alam bissawwab.