Biografi dan Profil Ganjar Pranowo, Pemimpin Asal Jawa Tengah Yang Mengisipirasi

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo, Pemimpin Asal Jawa Tengah Yang Mengisipirasi - Sosok yang satu ini merupakan Gubernur Jawa Tengah yang banyak menginspirasi dan patur diacungi jempol. Lika-liku kehidupan ia lalui tidak mudah.
Biografi dan Profil Ganjar Pranowo, Pemimpin Asal Jawa Tengah Yang Mengisipirasi - Sosok yang satu ini merupakan Gubernur Jawa Tengah yang banyak menginspirasi dan patur diacungi jempol. Lika-liku kehidupan ia lalui tidak mudah. 

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo, Pemimpin Asal Jawa Tengah Yang Mengisipirasi

Pendidikan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar Jawa Tengah pada tanggal 28 Oktober 1968. Ayahnya bernama Pamuji serta Ibunya bernama Sri Suparmi. Ganjar Pranowo memiliki lima saudara kandung.


Ia sejak kecil terkenal sebagai seorang yang cerdas. SD (Sekolah Dasar) ia tempuh di SD 1 Kutoarjo dan setelah lulus dari sana ia melanjutkan k SMP 1 Kutoarjo.

Pada sekolah tingkat menangah ia lanjutkan ke SMA BOPKRI Yogyakarta. Pendidikan SMA dirasa kurang maka ia memilih untuk menlanjutkan pendidikannnya. Ia melanjutkan ke Universitas Gadjah Mada mengambil Bidang Hukum.

Jiwa Kepemimpinannya memang sudah ada. Ia aktif di organisasi-organisasi kampus diantaranya di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Mapagama (Mahasiswa Pecinta Alam Gadja Mada).

Karir Politik Ganjar Pranowo

Bergabung dalam sebuah politik adalah keputusannya. Ganjar Pranowo memilih bergabung dengan PDI-P pada masa orde baru.

Istri dari Siti Atikoh Supriyanti ini menjadi anggota legislatif pada tahun 2004. Ia menjadi anggota legislatif tanpa disengaja, karena jabatannya tersebut ia peroleh karena menggantikan temannya dari PDI-P yang mendapat tuhas sebagai Duta Besar di Korea Selatan yakni Jacob Tobing.

Sosok Ganjar dikenal masyarakat sebagai orang yang berani dan jujur. Ia merupakan sosok yang dicintai warga Jawa Tengah karena selalu menyuarakan aspirasi rakyatnya.

Pada tahun 2009 sampai dengan 2014 ia menjabat sebagai wakil Ketua Komisi II DPRD. Namun hal itu tidak sampai tuntas karena ia pada tahun 2013 terpilih menjadi orang nomor 1 di Jawa Tengah. Bersama pasangannya yakni Heru Sudjatmoko ia berhasil merebut hati rakyat Jawa Tengah sehingga ia terpilih menjadi Gubernur Jawa Tangah yang mana pada pemilihan ini ia diusung oleh parta PDI-P.

Semenjak ia terpilih menjadi gubernur Jawa Tengah ini ia semakin terkenal karena banyak melakukan perubahan yang positif untuk wilayah Jawa Tengah.

Beberapa Penghargaan Ganjar Pranowo

  • Gubernur Inovatif 2014 - 2016
  • Penghargaan Adi Tangguh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana 2015
  • Tokoh Publik Inspirasional IPRAS 2015
  • Penghargaan KPK 2015
  • Penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)


BIODATA DAN RIWAYAT Pendidikan GANJAR PRANOWO

Nama : H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP
Lahir : 28 Oktober 1968, di Karanganyar, Jawa Tengah
Istri : Hj. Siti Atikoh Suryani
Anak : Zinedine Alam Ganjar
Orang Tua : Pamuji (Ayah), Sri Suparmi (Ibu)
Agama Islam

SDN 1 Kutoarjo
SMPN 1 Kutoarjo
SMA BOPKRII Yogyakarta
Universitas Gajah Mada, Fakultas Hukum
Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Politik