Tuesday, 25 October 2016

Ikhlas Dalam Bersujud

Ikhlas Dalam Bersujud - Dalam keseharian sebagai seorang muslim berkewajiban untuk sholat. Sholat merupakan tiang ibadah dalam agama Islam. Dengan melakukan sholat maka kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Selain itu ada banyak hikmah dalam melakukan sholat. Misal saja dalam hal sujud dalam sholat dan kali ini sujud dijadikan judul dalam artikel ini. 
Ikhlas Dalam Bersujud


Baca juga : 
Segala sesuatu yang dikerjakan dengan hati yang ikhlas maka akan membuat perasaan nyaman dalam jiwa seseorang. Misalnya saja, dalam pekerjaan ketika seseorang bekerja dengan hati dan perasaan yang ikhlas apapun yang dikerjakan akan terasa nyaman. Coba saja lihat mereka yang sudah bekerja dalam bidang tertentu. Terkadang gaji mereka standart atau sama saja atau bahkan lebih murah namun karena dikerjakan dengan hati yang ikhlas maka pekerjaan tersebut akan mendarah daging. Menyatu dalam jiwa.

Tidak hanya dalam hal pekerjaan. Dalam hal yang lain pun demikian. Misalnya saja ketika seseorang sekolah dan belajar sesuai dengan hati dan ikhlas menjalaninya maka sekolah tersebut tidak membuatnya menjadi beban tetapi malah membuatnya tertantang dan semakin bersemangat.

Berbeda ketika seseorang bekerja dengan hati yang kurang ikhlas, atau setengah hati melakukan pekerjaan. Lihat perbedaannya. Yang kurang ikhlas maka pekerjaan yang dikerjakan maka akan terasa berat, bahkan bisa membuatnya kurang nyaman. Bisa juga pekerjaannya tidak ada yang beres. Seseorang yang bekerja dengan setengah hati akan cepat bosan dengan apa yang dikerjakan dan juga mudah mengeluh.

Belajar yang tidak sesuai dengan hati pun demikian. Tidak ada semangat menjalaninya. Ilmu yang di dapat masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri. Jika belajar dengan hati yang tulus ikhlas ilmu yang diperoleh akan merasuk dalam jiwa dan tidak mudah hilang. Coba saja lihat dan survei orang yang belajar di sekitar anda. Apakah mereka senang dan ikhlas menjalaninya. Jika ia ikhlas dan tulus, segala yang diperoleh (ilmu) akan terasa dalam diri mereka.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon