Tuesday, 11 October 2016

Kapan Tidur Yang Baik Menurut Islam

Kapan Tidur Yang Baik Menurut Islam ? - Islam merupakan agama yang mengatur semua aktifitas, agama yang sempurna. Agama yang rohmatan lil alamin, termasuk tidur pun diatur dalam agama Islam.  

Kapan Tidur Yang Baik Menurut Islam
Tidur merupakan aktifitas yang penting untuk tubuh kita. Karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan badan. Tidur yang cukup dan tepat dapat membuat badan menjudi segar dan bersemangat untuk beraktifitas lagi. Namun terlalu banyak tidur juga tidak baik, karena dapat membuat tubuh menjadi lemas. Agar tidak kita dapat hidup sehat maka kita harus mengikuti ajaran Islam tentang tidur yang baik dan benar. 

Jam Tidur Yang Baik dan Benar Menurut Agama Islam


1. Anjuran Tidur Di Awal Malam

Untuk menjaga kesehatan maka sebaiknya kita tidur di awal malam agar, namun tidak setelah sholat Magrib namun paling tidak setelah sholat Isya. Rosullah SAW tidak suka tidur yang dilakukan sholat Isya, berdasarkan hadist yang diriwayatkan dari Abu Barzah :
Bahwasannya Rosulalllah SAW membeci tidur sebelum sholat isya dan mengobrol setelahnya (HR. Bukhari dan Muslim)
Maksut dari hadist di atas adalah tidur sebelum sholat Isya dapat membuat lupa untuk melakukan sholat Isya karena terlalu asyik mengobrol pada malam hari setelah sholat isya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Taiwan Hospital menyatakan bahwa tidur pada awal malam adalah hal yang baik. Dan jika terlalu malam maka dapat menyebabkan pada kerusakan hati.

2. Tidur Siang Hari

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan" (Ar Ruum: 23)

Tidur di siang hari memang anjuran Islam namun tidak boleh terlalu lama, secukupnya saja. Hal ini untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Jika terlalu lama maka dapat mengganggu aktifitas yang utama.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang dapat mengurangi resiko penyakit jantung yang berbahaya. Hal ini karena tidur siang dapat mengurangi strees dan detak jantung yang berlebihan.

3. Larangan Tidur dipagi Hari

Tidur pada pagi hari merupakan hal yang kurang baik karena akan berdampak tidak baik bagi psikologis dan dapat membuat malas dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktifitas. Tidur di pagi hari juga dapat mengganggu kecepetan metabolisme tubuh karena menahan rasa lapar lebih lama dari biasanya. Karena akan terbangun di siang hari dan makan pada siang hari.

Tidur di pagi hari dalam Islam juga dilarang karena menurut syariat agama diwaktu pagi hari adalah waktu diturunkannnya rezeki. Jadi kalau ada orang yang tidur dipagi hari maka tidak akan mendapatkan keberkahan rezeki atau dapat melewatkan rezeki dipagi hari. 
"Rosulallah SAW tidaklah meninggalkan tempat beliau menunaikan sholat shubuh hingga matahari terbit. Jika matahari telah terbit maka beliau pun bangkit meninggalkan tempat tersebut. Terkadang para sahabat berbincang-bincang tentang masa jahiliyah yang telah mereka lalui lalu mereka tertawa-tawa sedangkan Nabi Muhammad SAW hanya tersenyum-senyum saja mendengarkan hal tersebut (HR. Muslim)

Begitulah ajaran Islam mengenai kapan kita harus tidur. Semoga bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon