Saturday, 29 October 2016

Kenapa Seseorang Mendapat Gaji Kecil

Kenapa Seseorang Mendapat Gaji Kecil - Tujuan bekerja adalah mendapatkan untung atau lebih spesifik mendapatkan uang. Namun terkadang apa yang dijadikan tujuan tersebut tidak sesuai harapan yakni mendapatkan uang sedikit. Bekerja bermacam-macam jenisnya, bisa mendirikan perusahaan sendiri adapula yang bekerja meniti karir di perusahaan, pabrik, bank atau yang lainnya.
Kenapa Seseorang Mendapat Gaji Kecil


Jika bekerja pada perusahaan, kantor, pabrik atau sejenisnya tentunya seseorang yang bekerja tersebut ingin mendapatkan gaji yang besar. Namun ada pula yang tidak mendapatkan gaji besar. Kenapa seseorang mendapatkan gaji yang kecil. Monggo disimak beberapa penjelasan berikut :

Baca juga :
Biografi Penulis Tere Liye Yang Misterius
Indonesia Harus Berterima Kasih Kepada Belanda, Kenapa ?
Aji Saka  dan Asal Mula Aksara Jawa

Pendidikan Kurang Tinggi

Apakah anda lulusan perguruan tinggi ternama ? Ingin kerja di perusahaan ternama dan gaji gedhe ? Tentu kebanyakan ingin seperti itu namun hal itu belum terjadi. HRD (Human Resource Departemen) sebuah perusahaan yang berpengalaman biasanya pilih-pilih. Walau lulusan dari kampus ternama belum tentu diterima. Alasanya adalah sepele, karena kebanyakan yang lulusan dari kampus minta gaji gedhe.

Berbeda yang lulusan dari tingkatan SLTA. Sebagai lulusan SLTA tentunya mereka pantas mendapatkan gaji yang tidak terlalu tinggi. Kalau mereka menuntut minta gaji besar HRD bisa mengelak dengan alasan cuma lulusan SLTA.

Indonesia memang berbeda dengan perusahaan-perusahaan di negeri. Di luar negeri skill atau kemampuan yang di nomor satukan. Kalau di Indonesia berbeda, walau pinternya kayak S3 pun kalau lulusan SLTA diperusahaan cuma bisa jadi bagian bawaan atau tidak naik pangkatnya.

Pengalaman Minim

Jika baru pertama kali bekerja di perusahaan jangan harap mendapatkan gaji besar. Mereka akan selektif, jika belum memiliki pengalama maka biasanya gajinya kecil. Biasanya perusahaan akan melakukan training beberapa bulan bagi yang belum pengalaman. Hal ini agar ketika bekerja tidak terjadi kesalahan. Walau pun sudah di traning jangan harap langsung mendapat gaji gedhe ya. Naik memang gajinya tapi yang wajar, tidak langsung naik drastis.

Status Kepegawaian

Perusahaan tidak akan menetapkan pegawai baru seseorang sebagai karyawan tetap. Hal ini karena perusahaan belum tahu sesungguhkan karyawan baru itu seperti apa. Jika memang bagus bisa saja ke depannya dijadikan karyawan tetap. Kalau tidak sesuai dengan perusahaan jangan harap macam-macam. Biasanya akan dijadikan pegawai kontrak atau karyawan lepas.

Karena statusnya bukan karyawan tetap inilah perusahaan tidak memberikan gaji besar. Biar tidak terjadi kecemburuan sosial antara karyawan tetap dan karyawan tidak tetap. Resiko menjadi karyawan tidak tetap adalah biasanya diperlakukan seenaknya oleh atasan atau yang sudah senior di perusahaan tersebut. Sudah gitu mendapat gaji kecil. Kasian juga kan.

Usia Muda

Memiliki jiwa mudah dan semangat kerja yang tinggi tidak menjamin perusahaan akan mengaji besar. Hal ini karena pada usia muda seseorang di anggap belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja, belum memiliki pengalaman bagaimana harus bergaul dengan karyawan lain.

Sebegai karyawan yang masih muda maka akan dianggap sebagai karyawan junior yang belum pantas mendapatkan gaji gedhe. Kalau mendapatkan gaji besar maka harus lembur dan sebagainya. Di saat semua sudah pulang karyawan junior masih bekerja di kantor. Ya memang butuh perjuangan

Sikap yang Kurang Mendukung

Umur seseorang tidak bisa dijadikan patokan sikap seseorang tersebut akan baik. Perusahaan akan menilai karyawannya bagaimana ia bersikap, bagaimana cara bersosioalisai dengan sesama karyawan dan sebagainya. Jika sikapnya bagus perusahaan akan memberikan nilai plus. Nilai plus bermacam-macam jenisnya. Bisa gaji naik, bisa juga pangkat naik. Jika pangkat naik tentunya gaji akan naik bukan.

Maka sejak sekarang bersikaplah baik dimana pun dan kapanpun. Tidak hanya di perusahaan. Ketika seseorang yang bersikap baik tersebut sedang membutuhkan pekerjaan maka teman yang tahu akan mengutamakannya.

Perusahaan Tidak Jelas

Jangan pernah tertipu dengan perusahaan abal-abal. Perusahaan abal-abal yang memberikan janji manis ketika wawancara kerja namun setelah menjalani pekerjaan maka gaji yang diperoleh tidak sesuai. Ciri perusahaan tidak jelas ini biasanya mengatasnaman perusahaan baru berkembangan, membutuhkan karyawan ini itu. Namun pada saat di cek kantornya berantakan. Tidak jelas apa visi dan misi perusahaan tersebut. Jangankan misi dan visi. Aktifitas kerja pun terbilang tidak jelas. Penampilan orang menerima kerja sok-sok menjadi karyawan berpengalaman namun itu semua cuma penampilan yang bisa menipu. Jangan pula memberikan uang kepada perusahaan agar diterima. Hal itu saja penipuan. Selengkapan silakan baca Hati Hati Lowongan Pekerjaan Palsu

Demikianlah alasan kenapa seseorang mendapat gaji kecil. Bagi yang fresh graduate atau baru lulus jangan berkecil hati. Karena ada sebagian kecil yang bisa diterima perusahaan dan bisa mendapatkan gaji besar. Perbanyaklah berdoa dan berusaha.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon