Sunday, 30 October 2016

Mengungkap Siapa Sir Alex Ferguson Sebelum Menjadi Pelatih MU

Mengungkap Siapa Sir Alex Ferguson Sebelum Menjadi Pelatih MU - Nama yang akan dibahas kali sudah tidak asing lagi. Apalagi yang hobi sepak bola. Sir Alex Ferguson Pelatih dan Manager MU (Manchester United) yang selama bertahun-tahun setia dengan club asal Inggris ini.

Mengungkap Siapa Sir Alex Ferguson Sebelum Menjadi Pelatih MU

Alex Ferguson Penggemar Rangger FC

Sir Alex Ferguson bukan asli Inggris, ia kelahiran Skotlandia tepatnya di kota Glasgow. Terlahir pada 31 Desember 1941. Ayahnya merupakan tukang derek cakram disebuah perusahaan kapal, ayahnya bernama Alexander Beaton Ferguson.

Sejak kecil Alex hobi bermain bola. Ia merupakan fans fanatik Rangger FC. Rangger FC merupakan salah satu klub ternama saat itu dan merupakan salah satu klub sepak bola tertua yang sudah berdiri sejak 1872. Club Rangger FC yang dikagumi Alex ini berada di kota Glasgow, kota kelahirannya. Klub ini merupakan klub yang paling sering menjuarai Liga Domestik dan paling banyak trible winner melebihi semua klub sepak bola lain di seluruh dunia saat itu. 

 

Menjadi Pemain Amatir Dengan Posisi Striker

Jiwa bermain sepak bola Alex Ferguson memang sudah muncul sejak kecil. Pada usia 16 ia menjadi pemain sepak bola amatir (tarkam) di Skotlandia. Ia pertama kali masuk menjadi pemain di Queen's Park FD sebagai seorang striker. Alex hanya semusim di klub ini. Akhirnya ia pindah ke St Johnstone FC. Namun pada klub ini ia tidak menjadi tim utama namun. Lama-kelamaan manajemen akhirnya mengetahui bahwa Alex Ferguson memang berbakat. Akhirnya ia menjadi tim utama. Setelah melihat bakat Alex Ferguson dilirik oleh klub profesional yakni Dunfermline Athletic. Di sinilah ia memulai karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

 

Bergabung dengan Tim Pujaan Hati Ranger F.C

Di klub Dunfermline Athletic berbasil membawa timnya menjadi runner up di Liga maupun Piala Domestik. Alex Ferguson menjadi Top Scorer Liga Skotlandia dengan mencetak 31 gol. Karena kemampuannya ia pun akhirnya di incar untuk dijadikan pemain klub pujaan hatinya waktu kecil yakni Ranger F.C. Bahkan ia menjadi pemain termahal dengan rekor transfer termahal.

 

Blunder Ferguson di Final Piala Skotlandia 1969

Kejadian yang membuat seorang Alex Ferguson harus merelakan karirnya meredup. Ia melakukan blunder yang menyebabkan Billy McNeill mencetak gol kemengan bagi Celtic F.C. Alex Ferguson disalahkan oleh semua pihak, bahkan para fansnya pun menyalahkannya. Ia didiskriminasi dari pihak club hingga akhirnya ia keluar dari klub tersebut.

Ia akhirnya pindah ke Falkirk FC dan kemudian bergabung dengan Ayr United dimana. Namun semakin lama karirnya merosot.

 

Mengawali Dunia Kepelatihan

Karirnya menjadi pemain redup namun ilmu yang telah dimiliki tak ingin disia-siakan akhirnya ia memilih untuk menjadi pelatih. Ia memulai melatih di klub di kota Falkririk, East Strilingshire FC. Di klub ini ia tidak lama, karena gaji yang diterima tidak sesuai. Akhirnya ia pindah ke St Mirren FC. Dalam klub ini seorang Alex Ferguson mengangkat klub kuda hitam menjadi klub yang dapat masuk liga utama Liga Skotlandia. Setelah 4 tahun di klub ini. Akhirnya ia pindah ke klub yang lebih besar yakni Aberdeen FC

 

Aberdeen FC Menaklukkan Bayern Munchen dan Real Madrid

Masuknya Alex Ferguson ke Aberdeen FC ini membuatnya semakin bersinar. Klub yang dilatihnya mampu mengalahkan salah klub terhebat yakni Bayer Munchen pada liga kualifikasi Piala Eropa. Padahal sebelumnya Bayern Munchen baru saja mengalahkan klub besar asal Inggris, Tottenham Hotspur dengan skor 4-1. Ia dan timnya semakin percaya diri. Akhir mereka benar-benar dapat menaklukan tim besar dunia yakni Real Madrid pada laga Final Piala Eropa 11 Mei 1983.

 

Alex Ferguson Dan Manchester United

8 tahun sudah ia berada di Aberdeen FC, merubahnya dari Zero to Hero. Pada tahun 1986 akhirnya Ferguson memutuskan untuk mencari tantangan baru yakni hijrah ke Inggris dan bergabung dengan klub Manchester United. Manchester United saat itu memang sedang terpuruk. Laga pertamanya ketika menjadi manager MU, Ferguson justru kalah 2-0 dari Oxford United, lalu draw 0-0 dengan Norwich City, dan akhirnya menang 1-0 dari Queens Park Rangers. 6 musim tanpa gelar liga, akhirnya Ferguson mempersembahkan Juara Liga Inggris pertamanya pada musim 1992-1993.

Ceritanya di Manchester United sepertinya sudah banyak tahu. Sekarang klub ini merupakan salah satu klub terbesar di dunia. Demikian perjalanan hidup seorang Alex Ferguson. Penuh lika-liku. Ingat, Sukses tidak diraih dalam satu malam.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon