Saturday, 15 October 2016

Sedikit Cerita Tentang Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Sedikit Cerita Tentang Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang - Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang keberadaanya tak lekang dimakan jaman. Namun, dalam perkembanganya pesantren juga mengalami dinamika mengikuti perkembangan jaman yang memiliki tantangan sendiri. Dari lembaga pendidikan tradisional yang tersentral pada sosok kyai dan kajian kitab kuning, saat ini banyak pesantren yang mengadopsi sistem pendidikan formal  berupa sekolah-sekolah, universitas umum di luar pesantren. Salah satu pesantren yang bisa dikatakan sangat sukses mengelola sekolah/universitas umum ke dalam manajemen pesantren adalah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Lulusan pesantren ini, tidak kalah bahkan lebih unggul dengan siswa lulusan sekolah umum di luar pesantren. Tidak sulit bagi santri lulusan pesantren ini untuk menembus perguruan tinggi negeri favorit baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut sekilas tentang Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.


Baca juga :
Tips mengilangkan Jerawat
Profil Asrama Al Adawiyah PP Putri Sunan Drajat
Air Minum Santri Produksi PP Sidogiri Pasuruan

Sedikit Cerita Tentang Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Siapa Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang?


Saat ini ketua umum pengasuh pondok pesantren Darul Ulum adalah KH A. Dimyathi Romly menggantikan KH As’ad Umar yang meninggal pada tahun 2010.

Dimana tepatnya letak Pondok Pesantren Darul Ulum?


Pondok pesantren Darul Ulum (dahulu lebih dikenal sebagai pondok Njoso), terletak di desa Rejoso, kecamatan Peterongan, kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau menggunakan transportasi umum. Berada di jalan propinsi Surabaya-Madiun/Solo, yang dilalui bus umum (Turun di pasar Peterongan Jombang). Pondok pesantren Darul Ulum juga dilalui jalur rel kereta api nasional. Untuk kereta api ekonomi jarak dekat bisa turun di stasiun Peterongan (berada di antara stasiun Jombang dan stasiun Mojokerto) yang berada di dalam komplek pondok pesantren, atau di stasiun Jombang untuk kereta eksekutif/bisnis/ekonomi jarak jauh, yang tidak jauh lokasinya dari pondok pesantren (bisa ditempuh dengan becak).

Apa Mahdzab Pondok Pesantren Darul Ulum?


Pondok pesantren Darul Ulum (PPDU) adalah salah satu pondok pesantren Nahdlatul Ulama (NU), yang tentu saja ber –Ahli Sunnah Wal Jama’ah. PPDU adalah salah satu pusat Thoriqah Qodiriyah Wannaqsabandiyah di Indonesia. Mursyid-mursyid  Thoriqah yang terkenal di antaranya adalah KH. Romly Tamim dan KH. Musta’in Romly, yang saat ini diteruskan oleh KH. Dimyati Romly (Ketua Umum Majelis Pimpindan Pondok Pesantren Darul Ulum).

Bagaimana Sistem Pendidikan Di Pondok Pesantren Darul Ulum?


Filosofi pendidikan di PPDU adalah tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum. Semuanya penting untuk di pelajari. Sistem pendidikan 24 jam di Asrama dan Sekolah. Mata pelajaran agama dan mata pelajaran umum dipelajari secara proporsional di sekolah full day (7.00 – 13.00, dan 14.00- 17.00) dibawah bimbingan guru dan ustadz. Di Asrama, pengajian intensif keagamaan khas pesantren di bawah bimbingan para kyai/bu nyai dan ustad/ustadzah.

Kitab Kuning Apa saja yang dipelajari di Pondok Pesantren Darul Ulum?


Sebagaimana umumnya di pondok pesantren NU, di Darul Ulum tradisi mengkaji kitab kuning ini masih dilestarikan. Jenis kitab yang dipelajari berbeda di masing-masing asrama. Salah satu kitab yang dikaji di masjid induk Pondok Pesantren Darul Ulum adalah kitab tafsir Jalalain, bersama KH Cholil Dahlan.

Apa Keunggulan Pondok Pesantren Darul Ulum dibanding Pondok Pesantren yang Lain?


Keunggulan Pondok pesantren Darul Ulum (PPDU) adalah di sekolah umum nya yang unggul. Selain memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap, sekolah-sekolah di bawah manajemen PPDU ini memiliki kualitas unggul. Bahkan lebih unggul dari sekolah negeri di luar pesantren. Beberapa sekolah sudah memenuhi standard internasional, dan menjadi percontohan sekolah swasta yang sukses memperoleh sertifikat berstandard internasional. Prestasi santri yang membanggakan di tingkat nasional maupun internasional.

Jika kamu ingin mondok tetapi juga ingin  di terima di Perguruan Tinggi Negeri /Kedinasan favorit setelah lulus untuk mengejar cita-cita profesi yang anda inginkan, Darul Ulum adalah pilihan yang tepat. Terbukti, alumninya dengan mudah bisa menembus PTN favourite seperti ITB, UI, UGM, ITS, Unair, IPB, dll. Bahkan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Hal ini tentu tidak mudah diraih oleh alumni pondok pesantren yang lain.

Siswa/siswi sekolah di PPDU juga langganan juara untuk berbagai kompetisi/olimpiade tingkat nasional maupun internasional.

Apa Beda Sekolah di Pondok Pesantren Darul Ulum dibanding Sekolah di Luar Pondok?


Jelas bedanya. Di darul ulum, anda akan belajar agama cukup intensif yang tidak mungkin anda dapatkan di sekolah luar pesantren. Tidak hanya belajar agama Islam 2 jam selama seminggu, di pesantren anda belajar bahasa arab (nahwu dan shorof), belajar membaca literatur kitab kuning, hadist, tajwid Alquran, tafsir Alquran, aqidah, fiqih, dsb. Semua adalah bekal penting untuk memahami what life is?

Di asrama pesantren, karakter anda akan tertema dibawah bimbingan figur para kyai dan bu nyai, ustad dan ustadah. Pesantren tidak sekedar sekolah tempat transfer of knowledge tapi juga sekolah kehidupan. Belajar arti kehidupan, kesederhanaan, kebersamaan, kemandirian, tenggang rasa, dan keikhlasan. Hidup bersama di asrama dan di kelas dengan teman dari berbagai daerah, berbagai budaya, dan karakter yang berbeda walaupun awalnya tidak mudah adalah pengalaman hidup berharga yang akan membekas selamanya. Di Darul Ulum, terdapat lebih dari 7000 santri dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua semua ada.
SMADU2

Unit Pendidikan Apa saja yang ada Di Pondok Pesantren Darul Ulum?


Pondok pesantren Darul Ulum (PPDU) adalah sekolah yang memiliki unit pendidikan terlengkap di Indonesia. Dari Jenjang Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Berikut daftar unit pendidikan yang ada di PPDU:
  • Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Rejoso
  • Madrasah Tsanawiyah (M.Ts) Plus Darul Ulum
  • Madrasah Tsanawiyah Negeri (M.Ts. N) Rejoso di PP. Darul Ulum
  • SMP Darul Ulum 1 Unggulan
  • SMP Negeri 3 Peterongan di di PP. Darul Ulum
  • SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT, 
  • SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT
  • SMA Darul Ulum 3 Bilingual,
  • Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejoso di PP. Darul Ulum
  • Madrasah Aliyah Unggulan Darul Ulum
  • SMK Darul Ulum 1
  • SMK Telkom Darul Ulum, (Jurusan: Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Rekayasa Perangkat lunak)
  • Universitas Darul Ulum (UNDAR) di Kota Jombang,
  • Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) di dalam pondok pesantren Darul Ulum Jombang

hxxps://cakshon,com

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon