Sejarah dan Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang

Sejarah dan Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang - Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang Kota Jombang merupakan basis dari pondok pesantren. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya berbagai pondok pesantren yang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Salah satu dari pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Bahrul Ulum merupakan pemberian nama oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah tahun 1967. Pada tahun 1969, ketika Menteri Agama waktu itu KH. M. Dahlan berkunjung ke Tambakberas telah disepakati bersama antara KH. Abdul Wahab dan KH. M. Dahlan untuk mendirikan madrasah. Secara resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas Jombang dibuka pada tanggal 4 Maret 1969 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI No. 23 Tahun 1969 dengan nama Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN) Tambakberas Jombang.

Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang

Kota Jombang merupakan basis dari pondok pesantren. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya berbagai pondok pesantren yang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Salah satu dari pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Bahrul Ulum merupakan pemberian nama oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah tahun 1967. Pada tahun 1969, ketika Menteri Agama waktu itu KH. M. Dahlan berkunjung ke Tambakberas telah disepakati bersama antara KH. Abdul Wahab dan KH. M. Dahlan untuk mendirikan madrasah. Secara resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas Jombang dibuka pada tanggal 4 Maret 1969 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI No. 23 Tahun 1969 dengan nama Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN) Tambakberas Jombang. Pada saat itu keberadaan MTsN masih bergabung dengan Muallimin dengan masa pendidikan selama 6 tahun, yaitu :

Sejarah dan Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang


1. Kelas I, II dan III Mualimin menjadi MTs.AIN (Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri).
2. Kelas IV, V dan VI Mualimin menjadi MAAIN (Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri).

Pada saat diresmikannya Muallimin menjadi MTs.AIN jumlah kelasnya sudah lengkap yaitu 3 (tiga) kelas dengan jumlah peserta didik 191 orang, sedang untuk peserta didik putri pada saat itu belum ada. Pendaftaran peserta didik putri dibuka pada tahun ajaran berikutnya, tahun 1973. Pembukaan pendaftaran peserta didik putri tidak mengalami hambatan, karena kelas I Muallimin telah siap menerima lulusan peserta didik kelas VI MI Bahrul Ulum 1972 untuk tahun ajaran 1972. Dan kedua madrasah tersebut sama-sama masih eksis serta sama-sama berkembang pesat sampai sekarang.

Sejak didirikan hingga menjadi MTsN, Lembaga ini sudah lima kali mengalami pergantian kepala madrasah, namun selalu terus mengalami kemajuan dan perkembangan. Masyarakat dan orang tua yang tergabung dalam BP 3 diwakili oleh pengurusnya selalu berperan aktif sebagaimana fungsinya memberikan kontribusi dalam memajukan madrasah.

Di bawah ini periodisasi kepemimpinan MTsN Tambakberas Jombang dengan segala upayanya:


A.Periode Pertama

Kepala Madrasah : Drs. KH. M. Syamsul Huda As.SH, M.Hi
Masa Jabatan : Tahun 1969 s/d 1980

Alih tugas pada periode pertama terjadi pada tanggal 1 Oktober 1980. Pada saat alih tugas tersebut peserta didik MTs. AIN Tambakberas berjumlah 334 orang. Pada periode pertama ini program dari kepala madrasah adalah menegerikan madrasah. Untuk menegerikan madrasah, dibutuhkan tenaga tenaga pendidik dan pegawai yang profesional serta menata organisasi madrasah. Pada masa tersebut gedung dari madrasah masih meminjam pada Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

B. Periode Kedua

Kepala Madrasah : KH. Ach. Fatich AR (Alm.)
Masa Jabatan : Tahun 1980 s/d 1993

Periode kedua ini KH. Ach. Fatih mempunyai program, yaitu meningkatkan mutu SDM tenaga pendidik dan pegawainya. Kemudian meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik. Karena gedung sekolah masih meminjam gedung Yayasan Bahrul ‘Ulum yang ada di sebelah timur jalan raya, maka pada periode ini merintis dan mengusulkan proyek pengadaan tanah dan gedung seperti Aula Putra dan lapangan basket.

C. Periode Ke Tiga

Kepala Madrasah : Drs. KH. Amanullah AR (Alm)
Masa Jabatan : Tahun 1993 s/d 1998

Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan manajemen MTsN, maka selain melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh dua Kepala Madrasah sebelumnya, maka hal pertama yang dilakukan oleh beliau adalah membangun gedung bertingkat yang difungsikan sebagai kantor Madrasah dan ruang laboratorium untuk pengembangan peserta didik dan siswi.

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah peserta didik-siswi MTsN, maka upaya menambah gedung dan sarana prasarana madrasah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dielakkan lagi. Untuk itulah maka dilakukan beberapa program sebagai berikut :
  • Pengadaan dan pembelian tanah di Tambakberas Timur
  • Pembangunan 15 ( lima belas ) ruang belajar peserta didik putra
  • Pembangunan gedung kantor kepala madrasah, kantor TU, staf pimpinan dan kependidikan
  • Pembangunan ruang / kantor tenaga pendidik
  • Pembangunan gedung bertingkat untuk aula putra, perpustakaan , Laboratorium Bahasa dan Laboratorium IPA
  • Pembangunan lapangan basket
Sejak periode inilah peserta didik putra dipindahkan dari MTs N Barat ke MTsN timur. Sedangkan untuk siswi putri untuk sementara masih menempati gedung barat.



D. Periode Ke Empat

Kepala Madrasah : Drs. KH. Ach. Hasan, M.PdI.
Masa Jabatan  : Tahun 1999 s/d 2008

Program pada periode ke empat ini kepala madrasah sudah mulai memfungsikan gedung baru (proyek pemerintah) secara maksimal serta melengkapi sarana-sarana penunjang lainnya. Sedangkan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik maka pada periode ini program yang dilaksanakan adalah :

a. Pengadaan tanah lokasi peserta didik putri secara swadaya dengan luas 2.275 m2.
b. Pembangunan gedung lokal belajar peserta didik putri secara swadaya 20 lokal dan sarana penunjang yang lain
c. Peningkatan mutu proses belajar mengajar dan melengkapi perangkat lunak.
d. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler.
e. Menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang nyaman dan tenaga pendidik yang profesional dan penuh kasih sayang.
f. Manajemen yang kokoh dan berkesinambungan.
g. Mengantarkan peserta didik menyongsong sukses dan masa yang cemerlang.

Pada periode ini peningkatan di segala aspek telah dilaksanakan oleh MTsN Tambakberas, sebagai usaha untuk mengembangkan madrasah untuk menghasilkan out put yang berkualitas. Berbagai peningkatan tersebut adalah kurikulum, sarana prasarana, serta kualitas dari tenaga pendidik sebagai media transformasi ilmu. Pengembangan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif yang ada pada peserta didik juga tidak terlepas dari usaha untuk mengembangkan dan menghasilkan out put yang seimbang, yaitu peserta didik yang berimtaq dan mempunyai kemampuan IPTEK.

Optimalisasi dalam meningkatkan eksistensi MTsN Tambakberas merupakan usaha dalam mewujudkan visi dan misi yang telah menjadi pedoman. Adapun visi, misi dan tujuan MTsN Tambakberas Jombang adalah sebagaimana tertera dalam Renstra Tahap III.

Aplikasi dan Visi yang ada di MTsN adalah sholeh, cerdas, cakap, IMTAQ dan IPTEK. Peserta didik MTsN diharapkan menjadi anak yang sholeh, memiliki pemikiran yang cerdas dan cakap, beriman dan bertaqwa pada Allah SWT serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kemajuan zaman yang berbasis keterampilan bahasa. Nilai MTsN adalah keikhlasan, kejujuran, kebersamaan, dinamis dan kreatif. Peserta didik MTsN diharapkan memiliki jiwa yang sesuai dengan nilai tersebut sebagai modal dasar dalam mengembangkan diri di lingkungannya

Seiring dengan upaya-upaya peningkatan kualitas pembelajaran baik kepada peserta didik maupun tenaga edukatif, MTsN Tambakberas juga melakukan pembenahan dan melengkapi sarana prasarana penunjang. Pada tahun 2003-2004 telah berhasil menyelesaikan bangunan 2 (dua) lantai dari Imbal Swadaya untuk Ruang Komputer dan Ruang Tenaga pendidik Putra juga pembangunan musholla dan ruang laboratorium bahasa, pemugaran lapangan olah raga puteri, pembuatan green house 4 (empat) unit, pembenahan instalasi listrik aula putera dan perbaikan lapangan basket.



E. Periode Ke Lima

Kepala Madrasah : Drs. H. Anshori
Masa Jabatan : Tahun 2008 s/d sekarang

Sesuai dengan Renstra ke IV MTsN Tambakberas yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan, maka program yang direncanakan antara lain:

a. Penguasaan peserta didik terhadap bahasa Arab dan Inggris
b. Upaya peningkatan kualitas akhlak, sikap dan amaliah keislaman yang berasaskan pada aqidah ahlussunnah wal jama’ah
c. Pembiasaan membaca surat-surat pendek (Juz ‘Amma) pada pagi hari sebelum proses belajar mengajar dimulai.
d. Peningkatan kesadaran dan kepedulian warga MTsN terhadap kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan
e. Pemenuhan sarana prasarana untuk peningkatan teknologi informatika (pengadaan jaringan internet, Website)  dan radio UKS
f. Peningkatan mutu peserta didik melalui :
    - Pembentukan kelas olimpiade materi UN dan IPS
    - Program Daimul Wudlu’ dan Sholat Dhuha bagi semua peserta didik
    - Pendampingan dan pengawalan absensi peserta didik, harian/mingguan dan bulanan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MTsN
    - Informasi perkembangan kedisiplinan anak ke wali peserta didik secara online atau gateway SMS.
    - Pengembangan Diri (20 jenis kegiatan)

h. Peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan melalui :
    - Peningkatan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
    - Pendidikan dan pelatihan (workshop, seminar, MGMP)
    - Kursus bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Komputer.
    - Penguatan materi fiqih wanita (haid, nifas, istihadloh)

i. Penguatan kelembagaan dengan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait (Kementrian Agama, Yayasan PP. Bahrul ‘Ulum, Komite Madrasah dan Badan Pemberdayaan Mutu Madrasah (BPMM).
j. Pembelian tanah di timur MTsN (sebelah Balai Desa) untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB)
k. Pembangunan lokal baru MTsN
l. Pengadaan sarana transportasi (mobil)
n. Mewujudkan MTsN Tambakberas sebagai Madrasah berwawasan lingkungan hidup (Adiwiyata)

hxxp://mtsntambakberas,com/