Wednesday, 9 November 2016

3 Tips Agar Lancar Berbicara Di Depan Umum

3 Tips Agar Lancar Berbicara Di Depan Umum - Berbicara di depan banyak audiens tentunya bukan hal mudah untuk orang awam. Jika sudah terlatih dan sering berbicara di depan publik maka tidak akan masalah jika diharuskan untuk presentasi di depan orang banyak.

3 Tips Agar Lancar Berbicara Di Depan Umum

Di bawah ini ada beberapa tips agar ketika berbicara di depan publik tidak mengengecewakan. Akan dibagi menjadi beberapa point yang terdiri dari penyebab dan juga sekaligus tips agar sukses berbicara di depan publik. 

1. Hilangkan Grogi dan Minder

Grogi dan minder merupakan hal yang lumrah ketika seseorang akan dihadapkan dengan banyak audiens. Jangan biar hal ini sampai merusak presentasi anda.

Rasa kurang percaya diri memang ada pada diri manusia, tetapi hal itu bisa dihilangkan asalkan berlatih.

Perasaan ini muncul karena adanya pikiran negatif dari dalam diri seseorang. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa).

Atau bisa jadi karena jumlah peserta (terlalu banyak/ terlalu sedikit), kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara.

Tips Menghadapi Minder dan Grogi

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan grogi & minder yang paling tepat adalah persiapan. Bahkan presenter kelas dunia juga selalu melakukan persiapan sebelum mereka presentasi loh.

Apa saja yang harus disiapkan?

- Materi presentasi

Buatlah materi yang mudah dipahami oleh audiens. Sebelum presentasi, coba tanyakan kepada orang dekat sekitar, apakah materi tersebut mudah dipahami atau tidak. Jika belum cobalah susun materi yang menarik lagi. Susun sebaik mungkin materinya. Jangan sampai berbelit dan berputar-putar mengulang materi.

- Slide Presentasi

Untuk menarik perhatian audiens buatlah slide presentasi yang menarik. Jangan hanya ada tulisan. Karena jika banyak tulisan maka audiens akan fokus ke slide saja, tidak kepada pembicaranya.

- Latihan

Latihan ini perlu untuk mengetahui seberapa paham tentang materi yang disampaikan.

2. Hilangkan Rasa Takut

Rasa takut membuat seseorang yang akan presentasi menjadi lupa apa materi yang akan disampaikan. Bisa saja seseorang sebelum presentasi malah ketakuan dan tidak mempersiapkan segala. Maka akibatnya seseorang tersebut tidak fokus pada apa yang akan disampaikan malah bingung dan takut karena presentasi yang akan disampaikan tidak akan sukses.

Jika ingin sukses presentasi, sebaiknya hilangkan rasa takut dan segera segala perlengkapan dan persiapan seperti point di atas.

3. Berdoa

Hal ini juga sangat penting. Seberapun hebat namun kita hanya makhluk ciptaan Allah SWT. Mintalah kepada Allah dengan berdoa agar presentasi lancar dan juga audiens puas atas segala yang disampaikan.

Nah itulah 3 Tips Agar Lancar Berbicara Di Depan Umum . Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon