Wednesday, 30 November 2016

Biografi dan Profil Djarot Saiful Hidayat

Biografi dan Profil Djarot Saiful Hidayat
Biografi dan Profil Djarot Saiful Hidayat - Sosok yang satu ini akhir-akhir ini memang sedang banyak dibicarakan orang, yakni Djarot Saiful Hidayat. Saat artikel ini ditulis beliau merupakan calon wakil Gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dangan Basuki Tjahaya Purnama atau lebih dikenal dengan nama Ahok.

Siapa Djarot Saiful Hidayat

Beliau merupakan politi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).  Beliau terlahir di Magelang pada 06 Juli 1962. Sebelum menjadi politi beliau merupakan seorang Dosen Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Dalam lingkungan kampus beliau tidak hanya menjadi dosen, beliau juga memegang peranan penting yakni Pembantu Rektor I.

Djarot Saiful Hidayat merupakan lulusan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) di Universitas Brawijaya (UB). Kemudian S2 beliau lanjutkan ke Fakultas Ilmu Politik di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta. 

2 Periode Menjadi Wali Kota Blitar

Menjadi Wali Kota Blitar selama 2 periode membuat kota Blitar mendapat gelar Adipura selama 3 kali berturut yakni pada 2006 sampai 2008. Pada 2008 pula beliau mendapatkan penghargaan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Dalam bidang kesehatan beliau mendapatkan Terbaik Citizen's Charter.

Dalam memimpin kota blitar beliau sukses dengan cara cara membatasi adanya toko yang berbau metropolitan, sejenis swalayan. Beliau tidak mengizinkan adanya swalayan waralaba yang dapat mematikan perokonomian kota blitar. Mall modern pun dilarang berdiri. Beliau ingin masyarakat Blitar yang memutar roda perokonomian, artinya masyarakat kota Blitar lah yang sepenuhnya memiliki usaha tersebut.

Djarot Saiful Hidayat menata Pedagang Kaki Lima (PKL) yang awalnya terlihat kumuh akhirnya disulap menjadi rapi dan bersih. Beliau pun lebih suka meninjau langsung dengan membawa sepeda.

Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Pada tahun 2014 beliau diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI yang berpasangan dengan Basuki Tjahaya Purnama karena yang mana sebelumnya Basuki Tjahaya Purnama merupakan wakil gubernur DKI sedangkan Joko Widodo merupakan Gubernurnya. Karena Joko Widodo berhasil menjadi presiden pada pesta demokrasi maka Basuki Tjahaya Purnama diangkat sebagai Gubernur DKI dan Djarot Saiful Hidayat diangkat sebagai wakilnya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon