Thursday, 17 November 2016

Makam Joko Tingkir Di Maduran Lamongan

Makam Joko Tingkir Di Maduran Lamongan - Persela merupakan tim sepak bola yang berjuluk Laskar Joko Tingkir. Entah mengapa berjuluk Laskar Joko Tingkir. Berbicara masalah tentang joko tingkir, ada sebuah makam yang berada di Kabupaten Lamongan yang konon merupakan makam Joko Tingkir. Dukoh adalah sebuah dusun kecil di Desa Pringgoboyo Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. 


Makam Joko Tingkir Di Maduran Lamongan



Menurut Juru Kunci makam tersebut, makam ini pernah di ziarahi Alm Gus Dur yang merupakan salah satu mantan Presiden Republik Indonesia. Bahkan ada yang bilang Pak Soeharto pun pernah datang kesini namun pada malam hari agar tidak ketahui orang banyak. 


Makam Joko Tingkir Di Maduran Lamongan

Di makam ini terdapat pohon yang sangat besar sekali, berdiameter kurang lebih satu meter. Namun menurut beberapa sumber lain, mengatakan bahwa di Pringgoboyo adalah makam pengawalnya Joko Tingkir, dan ada yang menyebut petilasan Joko Tingkir sebagai penanda. Entahlah benar yang mana. Saya sendiri pernah ke makam ini karena ajakan teman. Bilangnya diajak jalan-jalan tidak tahu diajak wiridan didekat makam.

Desa ini lumayan jauh dari kota lamongan, sekitar 40 KM dari kota lamongan. Bagi yang penasaran tentang keberadaan Makam Joko Tingkir Di Maduran Lamongan ini silakan datang dan tanyakan langsung kepada juru kunci dan masyarakat sekitar.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon