Mari Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan

Mari Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan - Ternyata warna plat nomor kendaraan itu sangat bermakna. Plat nomor dengan warna hitam tentunya berbeda dengan plat nomor warna putih.
Mari Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan - Ternyata warna plat nomor kendaraan itu sangat bermakna. Plat nomor dengan warna hitam tentunya berbeda dengan plat nomor warna putih.

Jika sering bepergian ke tempat yang ramai dan banyak kendaraan bermotor maka bisa saja anda menemukan berbagai jenis warna nomor kendaraan. Mungkin yang sering ditemui adalah warna putih, kuning dan merah. Sebenarnya ada banyak warna dan beragam maknanya. Berikut ini berbagai warna nomor kendaraan beserta maknanya :

1. Plat Nomor Warna Hitam Dengan Tulisan Putih


Mari Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan

Plat ini merupakan plat nomor yang sudah tidak asing lagi. Nomor plat nomor warna hitam dengan tulisan putih ini merupakan nomor kendaraan yang digunakan oleh masyarakat umum.

2. Plat Nomor Warna Merah dengan Tulisan Putih

Jenis Plat Nomor Warna ini pun sudah banyak dikenal publik atau masyarakat. Jenis plat nomor warna merah ini merupakan plat nomor kendaraan yang digunakan oleh pegawai pemerintahan. Digunakan hanya untuk kepentingan pekerjaan pemerintah saja. Tidak semua pegawai pemerintah diberikan fasiltas ini. Hanya pegawai-pegawai tertentu saja yang dapat fasilitas ini. Dan juga apabila sudah pensiun kendaraan berplat merah ini harus dikembalikan lagi ke pemerintah. s

3. Plat Nomor Warna Kuning dengan tulisan Hitam

Jika memiliki usaha atau perusahaaan maka Plat Nomor Warna jenis ini cocok untuk digunakan, yakni warna kuning dengan tulisan hitam. Jika anda pernah mengamati bahwa kendaraan-kendaraan yang menggunakan plat ini merupakan kendaraan angkutan barang atau penumpang. Namun tidak semua kendaraan angkutan menggunakan jenis plat ini.

4. Plat Nomor Warna Merah/Putih dengan Warna Hitam

Kalau plat nomor kendaraan jenis mungkin jarang ditemui, karena memang plat jenis ini terbilang sedikit yang menggunakan. Karena jenis plat warna merah/putih dengan warna ini merupakan kendaraan korps diplomatik negara asing.

5. Plat Nomor Warna Hitam denggan Tulisan Putih dengan 5 Angka dan Kode Negara yang Kecil 

Mari Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan


Ini juga merupakaan jenis plat nomor spesial karena jarang yang menggunakan. Atau bahkan anda belum pernah melihatnya secara langsung. Plat Nomor Warna Hitam denggan Tulisan Putih dengan 5 Angka dan Kode Negara yang Kecil ini merupakan kendaraan yang digunakan oleh staf operasional korps diplomatik negara asing.

6. Plat Nomor Warna Hijau dengan Tulisan Hitam

Apabila anda menemukan kendaraan dengan plat nomor warna ini maka itu merupakan kendaraan yang digunakan pada kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone). Dengan menggunakan plat ini maka akan mendapatkan fasilitas pembebesan bea masuk, ini merupakan berdasarkan peraturan Menteri Keuangan. Walaupun begitu, kendaraan yang memiliki plat nomor jenis tidak boleh digunakan/mutasi ke wilayah lain di Indonesia. s

7. Plat Nomor Warna Putih dengan Tulisan Merah

Plat Nomor Warna Putih dengan Tulisan Merah ini lebih dikenal dengan TCKB yang bermakna Tanda Coba Kendaraan Bermotor. Jenis plat nomor kendaraan ini difungsikan sebagai transportasi dealer sebagai tanda pengiriman dari tempat perakitan ke dealer, dealer ke dealer, test drive, atau pengiriman ke konsumen. Kendaran yang menggunakan plat ini masih baru dan tentu sudah boleh digunakan untuk umum.

Nah itulah beberapa jenis nomor plat kendaraan. Kendaraan yang anda gunakan sekarang plat nomornya berwarna apa ? Jangan-jangan tidak berwarna. Hehehe. Semoga bermanfaat.