Saturday, 12 November 2016

Nazril Irham Alias Ariel

Nazril Irham Alias Ariel
 Nazril Irham Alias Ariel - Cowok yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Sebagai vokalis band papan atas nama Ariel memang sudah kondang dimana-mana.

Bernama asli Nazril Ilham atau lebih kenal dengan nama panggilannya yakni Ariel atau Ariel Noah. Terlahir di Pangkalan Brandan pada 16 September 1981. Ia merupakan musisi terkenal di Indonesia.

Ariel lahir dari pasangan Nazmul Irphan dan Darlina Darwin. Ariel merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara. Ayahnya merupakan seorang pegawai lapangan di perusahaan Minyak Pertamina. Sedangkan Ibunya Ariel merupakan seorang Ibu rumah tangga. Karena profesinya seorang pegawai lapangan, maka keluarganya sering berpindah-pindah.

Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, kemudian Ariel pindah ke Kota Langsa di Aceh. Di kota ini Ariel sekolah TK (Taman Kanak-kanak). Tepatnya di TK Bungong Seulanga. Ariel dan keluarganya tinggal di perumahan BTN Asamera Kota Langsa. Setelah tinggal di kota langsa selama 7 tahun, Ariel dan keluarganya pindah ke Bandung.

Ariel memang sejak kecil memiliki bakat dalam bidang seni, yakni menggambar. Berbeda dengan seni yang dibidanginya sekarang. Ariel pernah beberapa kali menjuarai lomba menggambar di Bandung. Bahkan ia sempat bercita-cita menjadi arsitek. Namun di perjalanan hidupnya ia menemukan bakat lain yakni bermain musik.

Masa SMP ia habiskan di SMP Negeri 14 Bandung. Di sekolah ini ia pernah mendirikan Group Band yang diberi nama Peppermint, namun band ini hanya berumur 7 bulan.

Selanjutnya ia membuat band lagi yang bernama Silver, lalu kemudian Cholesterol dengan Uki, Qibil dan Erick. Pada tahun 1997 bersama Uki, Afrian, Abel, Ari dan Andika ia juga mendirikan bernama Topi. Lagi-lagi semuanya bubar di tengah jalan. Tapi grup musik yang disebut terakhir lumayan berjasa untuk kariernya. Pada 1 September 2000, Beberapa orang yang tergabung di Topi –termasuk Ariel– sepakat membentuk grup musik baru bernama Peterpan dengan formasi baru yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika dan Indra.

Bersama Peterpan, Ariel berupaya menembus kafe-kafe top di Bandung. Penampilan Peterpan di kafe Sapu Lidi yang atraktif plus vokal Ariel yang berkarakter diam-diam menarik minat Noey untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna yang termuat di album kompilasi sukses jadi modal Peterpan menembus industri rekaman.

Di tahun 2003, Peterpan merilis album Taman Langit. Album ini ternyata laku keras di pasaran. Harus diakui, salah satu faktor yang mendukung larisnya album ini adalah vokal Ariel dan kemampuannya mengolah lirik. Lirik-lirik yang dibuat pengagum Kahlil Gibran ini amat dalam. Mampu menyentuh dasar hati pendengar lagu-lagunya. Puncaknya, saat album "Bintang di Surga" dirilis pertengahan 2004 lalu. Ariel benar-benar jadi pujaan pencinta musik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kini grup musik Peterpan yang dipimpin Ariel ini telah berganti nama menjadi Noah.

Tidak hanya sukses di dunia musik, Ariel juga membintangi sejumlah iklan seperti Vaseline Men, Sophie Paris, Sunsilk, Yamaha, Lux, XL, Maxtron, TransVision, KakaoTalk, dan Vitamin Water. Ariel juga sempat membintangi film layar lebar Sang Pemimpi, dimana Ariel memerankan tokoh Arai, seorang pemuda yang tak pernah berhenti bermimpi. Serta film Awal Semula yang menceritakan sejarah perjalanan karier grup musik Ariel dari bawah hingga kesuksesannya, dan juga menceritakan bagaimana kreativitas, visi, motivasi, kharisma dan kepemimpinan Ariel membangun Peterpan hingga Noah sampai seperti sekarang.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon