Monday, 21 November 2016

Sebelum Menjadi Goa Wisata, Goa Akbar Dijadikan Pembuangan Sampah

Sebelum Menjadi Goa Wisata, Goa Akbar Dijadikan Pembuangan Sampah - Jika pernah mengunjungi Kota Tuban maka sudah tidak asing lagi dengan yang nama Goa Akbar. Goa yang terletak hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Makam Sunan Bonang dan Pemandian Bektiharjo sekitar 3,5 km ini sudah banyak dikenal masyarakat. 


Sebelum Menjadi Goa Wisata, Goa Akbar Dijadikan Pembuangan Sampah
Gua Akbar terletak di tengah Kota Tuban, berjarak kurang lebih 600 meter dari Terminal Wisata Kebonsari. Lokasi gua ini persis di bawah Pasar Baru Tuban. Sebelum dibangun Bupati Tuban H. Hindarto.

Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit. Di dalam Gua Akbar terlihat seluruh ujung bebatuan gua yang masih meneteskan air. Keasrian lain dari gua ini munculnya sumber air di sejumlah lantai. Sumber air inilah membentuk  banyak telaga kecil yang ada ikan hiasnya.

Menurut warga sekitar mengatakan bahwa dahulu tempat ini angker dan menakutkan. Sebelumnya tempat ini dijadikan warga sekitar sebagai tempat pembuangan sampah. Sehingga terlihat kotor sekali. Banyak pula ditumbuhi semak beluar serta banyak ditumbuhi tanaman sejenis kaktus. Bahkan karena dahulu dekat dengan pasar para pedagang biasa membuang sampah disekitar mulut Gua Akbar ketika belum di bangun seperti sekarang ini.

Adapula yang mengaitkan Gua Akbar dengan Kerajaan Mataram. Konon, ketika tentara kerajaan Mataram hendak menyerbu Majapahit, gua ini dijadikan markas pasukan Mataram. Salah satu bukti gua ini pernah dijadikan markas tentara kerajaan adalah ditemukannya tulang-tulang manusia dan piranti perang ketika gua tersebut digali. Pemanfaatan Gua Akbar berlanjut ketika agama Islam berkembang di pesisir utara Pulau Jawa.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon