Thursday, 10 November 2016

Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tepat Dengan Biaya Murah Sampai Gratis

Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tepat Dengan Biaya Murah Sampai Gratis
Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tepat Dengan Biaya Murah Sampai Gratis - Bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat PTN terkadang menjadi idaman para siswa-siswi. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Alasannya bisa saja karena biaya yang relatif murah atau terjangkau, fasilitas yang memadai dan lain-lain.

Namun kenyataanya banyak orang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri terkendala masalah biaya. Tidak hanya biaya untuk kuliah namun biaya ketika kuliah tersebut terkadang juga menghambat seseorang yang ingin masuk PTN

Jika tekad untuk kuliah sangat kuat, sementara kemampuan biaya kuranng maka tidak perlu cemas atau putus asa dulu, apalagi sampai memutuskan untuk tidak kuliah. Modal kuliah yang paling besar adalah tekad yang kuat.  Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan biaya, yaitu:

  • Membandingkan jurusan-jurusan yang dipilih di beberapa perguruan tinggi, lalu dipilih yang biayanya paling murah. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap melihat kualitas jurusan dan perguruan tinggi tersebut. Apabila pilihan Jurusan atau Program Studi sesuai dengan minat di perguruan tinggi yang diinginkan maka berarti tidak ada pilihan bahwa biaya kuliah harus sesuai dengan Jurusan atau Program Studi pilihan itu. Tapi tidak usah takut, di antaranya adalah dengan beasiswa. Untuk saat ini, ada banyak lembaga swasta, institusi pemerintah, atau perseorangan yang memberikan bantuan beasiswa, bahkan secara penuh selama kuliah dan kadang-kadang ada juga yang sekalian memberi biaya hidup juga.
  • Memilih jurusan yang disubsidi atau diberi fasilitas beasiswa. Di beberapa perguruan tinggi biasanya ada jurusan tertentu yang diberi fasilitas beasiswa. Namun, biasanya jurusan ini menuntut kemampuan yang lebih dibandingkan dengan jurusan yang lain karena jurusan ini biasanya mempunyai kekhususan-kekhususan, seperti bahasa yang dipergunakan dalam perkuliahan adalah bahasa asing dan seleksi penerimaan mahasiswa lebih ketat terutama dalam masalah nilai ijazah dan rapor sewaktu SLTA serta hasil ujian masuk. Pembukaan jurusan khusus dengan fasilitas beasiswa ini biasanya tidak selamanya, tergantung kebutuhan serta kebijakan pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan.
  • Dispensasi biaya pendaftaran dan biaya kuliah (SPP) di perguruan tinggi. Langkah lain yang dapat diambil sebelum masuk kuliah adalah dengan menanyakan ke perguruan tinggi tempat kita akan kuliah tentang dispensasi biaya pendaftaran dan biaya kuliah di perguruan tinggi yang bersangkutan. Saat ini, perguruan tinggi rata-rata menyediakan fasilitas keringanan biaya pendaftaran dan SPP kuliah.
  • Memilih kuliah kedinasan atau kuliah ikatan dinas. Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah dengan kuliah ikatan dinas di akademi atau sekolah tinggi tertentu. Kuliah dengan sistem ikatan dinas ini biasanya setelah selesai kuliah langsung ditempatkan kerja. Selain itu, biasanya kuliah ikatan dinas ini tidak bayar uang kuliah alias gratis, bahkan diberi uang saku.
  • Kuliah dengan Program Beasiswa. Saat ini banyak lembaga, baik lembaga pemerintah maupun swasta, yang menawarkan program beasiswa penuh selama kuliah, misalnya beasiswa Bidikmisi. Beasiswa-beasiswa ini biasanya tanpa ada ikatan apa pun.

Nah itulah Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri Yang Tepat Dengan Biaya Murah Sampai Gratis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada teman-teman yang membutuhkan.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon