Friday, 2 December 2016

Amalan-Amalan Memperlancar Rezeki

Amalan-Amalan Memperlancar Rezeki - Berbagai alaman berikut InsyaAllah akan mendatangkan rezeki atau paling tidak dapat melancarkan rezeki. Walaupun amalan-amalan dibawah ini simpel namun khasiatnya luar biasa efeknya. Jangan pernah menganggap remeh amalan-amalan berikut. 

Amalan-Amalan Memperlancar Rezeki

1. Shodaqoh

Shodaqoh merupakan amalan untuk membagi kepunyaan kita kepada orang lain. Dengan melakukan shodaqoh maka akan membuat kita rezekinya semakin lancar.

Nabi s.a.w. bersabda kepada Zubair bin al-Awwam: "Hai Zubair, ketahuilah bahawa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, nescaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, nescaya Allah menyedikitkan baginya." (Riwayat ad-Daruquthni dari Anas .a.)

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Orang tua kita adalah orang yang paling penting dan berharga di muka bumi. Berkat orang tua kita terlahir ke dunia ini. Maka balaslah kebaikan mereka dengan segala sesuatu yang baik.

Baginda s.a.w. juga bersabda: "Siapa berbakti kepada ibu bapanya maka kebahagiaanlah buatnya dan Allah akan memanjangkan umurnya." (Riwayat Abu Ya'ala, at-Tabrani, al-Asybahani dan al-Hakim)

3. Perbanyak Istigfar

Istigfar merupakan kalimat yang banyak manfaatnya. Selain digunakan untuk memohon ampun kepada Allah dan mengaku dosa khasiat lain dari istigfar adalah memperlancar rezeki

Sabda Nabi s.a.w.: "Barang siapa memperbanyak istighfar maka Allah s.w.t akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka." (Riwayat Ahmad, Abu Daud, an-Nasa'i, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abdullah bin Abbas .a.)

4.  Sholat Dhuha Rutin

Sholat dhuha memang sudah terkenal sebagai sholat yang mampu melapangkan rezeki. Jika belum segera laksanakan dhuha agar rezeki semakin lancar

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (solat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya." (Riwayat al-Hakim dan Thabrani)

5. Membantu Orang Lain

Ketika seseorang membutuhkan bantuan kita janganlah segan untuk membantu. Bantulah tanpa pamrih jika kita dapat membantu.

Sabda Nabi s.a.w.: "Siapa yang menunaikan hajat saudaranya maka Allah akan menunaikan hajatnya…" (Riwayat Muslim)

6. Perbanyak Sholawat

Sholawat mudah dilakukan. Banyak sekali manfaatnya jika kita membaca sholawat. Ada sebuah hadist yang menganjurkan untuk membaca showalat agar hajat atau cita-cita yang membaca terkabul.

7. Jalin Silaturahmi

Nabi s.a.w. bersabda : "Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya maka hendaklah dia menghubungi sanak-saudaranya." (Riwayat Bukhari)
Hadist ini sudah jelas sekali. Bahwa barang siapa ini rezeki lancar dan panjang umur maka perbanyaklah silaturahmi.

8. Perbanyak Ibadah

Ibadah yang kita lakukan akan berdampak baik kepada kita. Tidak hanya di akhirat kelak, tetapi juga di dunia ini. Seperti firman-Nya dalam hadis qudsi:

"Wahai anak Adam, sempatkanlah untuk menyembah-Ku maka Aku akan membuat hatimu kaya dan menutup kefakiranmu. Jika tidak melakukannya maka Aku akan penuhi tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak menutup kefakiranmu." (Riwayat Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abu Hurairah)

9. Jangan Lakukan Maksiat Atau Perbuatan Dosa

Ternyata jika melakukan maksiat Allah akan menyempitkan rezeki kita. Jangan anggap remeh dosa yang kita perbuat.

"… dan seorang lelaki akan diharamkan baginya rezeki kerana dosa yang dibuatnya." (Riwayat at-Tirmizi)

10. Iktiar Semampunya

Sebagai manusia tentunya kita tidak bisa langsung mendatang rezeki langsung di depan kita. Harus ada iktiar dan usaha. Apa yang kita perbuat maka kita akan mendapatkan hasilnya. Segala yang kita lakukan tidak ada yang sia-sia.

11. Tawakkal kepada Allah

Sesudah kita berusaha maka kita harus pasrahkan hasilnya kepada Allah. Biarkan Allah yang mengaturnya. Karena Allah lebih paham apa yang terbaik untuk kita.

Demikianlah amalan-amalan yang dapat memperlancar rezeki kita. Bagi yang belum semoga segera mampu untuk melaksanakannya. Terima Kasih dan semoga bermanfaat. Silakan share agar lebih bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon