Friday, 30 December 2016

Manfaat Kurma Untuk Orang Hamil

Manfaat Kurma Untuk Orang Hamil - Kurma merupakan buah yang biasanya banyak hadir ketika bulan ramadhan. Buah kurma terkenal karena manis dan lezat sekali. 
Manfaat Kurma Untuk Orang Hamil


Tidak hanya lezat kurma juga memiliki khasiat tertentu. Salah satu manfaat kurma ada manfaat untuk orang hamil.

Buah kurma memiliki manfaat medis yang sangat banyak, yaitu sebagai makanan penting untuk sel-sel saraf, anti racun, dan bermanfaat untuk mengatasi kondisi-kondisi gagal jantung, kepahitan, meningkatnya tekanan darah, hemorrhoid, dan encok. Buah ini pun mengandung zat yang berfungsi sebagai pencuci perut alami, memperkuat pendengaran dan penglihatan, menstimulasi gerakan rahim dan memperkuat otot rahim sehingga mempermudah proses persalinan karena ia mengandung banyak hormon yang dapat mengatasi kondisi-kondisi tersebut. Karena itulah Allah memberikan ilham kepada Siti Maryam untuk memakan buah kurma ketika hendak melahirkan putranya, Isa as. sebagaimana dijelaskan dalam QS. Maryam: 25 – 26.

Karena itu pulalah Rasulullah saw. bersabda, “Berilah istri-istri kalian kurma ketika mereka hendak melahirkan. Ketahuilah, barang siapa yang (rutin) memakan buah kurma menjelang kelahiran, anaknya akan keluar dengan selamat. Sesungguhnya kurma adalah makanan Siti Maryam ketika hendak melahirkan. Kalau saja ia (Isa as.) mengetahui ada makanan yang lebih baik daripada kurma, tentu ia (Isa as.) akan mendorong ibunya untuk mencari makanan itu.” (HR.Tirmidzi).

Beberapa ilmuwan telah mencoba meneliti manfaat kurma kaitannya dengan wanita yang akan melahirkan. Dokter Muhammad an-Nasimi dalam bukunya, Ath-Thibb an-Nabawi wa al-‘Ilm al-Hadits, menuliskan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini (QS. Maryam: 25-26), yang memerintahkan Maryam untuk menggoyangkan pohon kurma ketika proses kelahiran Isa as. secara kedokteran, perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama.

Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.”


Wallahu A'lam

Sumber : Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon