Saturday, 24 December 2016

Patung Liberty, Sebuah Hadiah Untuk Amerika Serikat

Patung Liberty, Sebuah Hadiah Untuk Amerika - Jika sering menonton film amerika mungkin tidak asing lagi dengan Patung Liberty. Patung Liberty merupakan sebuah patung raksasa yang berada di Amerika Serikat.

Patung Liberty, Sebuah Hadiah Untuk Amerika - Sejarah Patung Liberty di Amerika Serikat



Banyak orang orang menyebut patung raksasa membawa obor ini dengan Patung Liberty, namun nama aslinya adalah “Liberty Enlightening the World” atau Liberty Yang Menyinari Dunia.

Patung liberty ini menggambarkan seorang wanita yang sedang membebaskan diri dari belenggu tirani dengan tangan kanan memegang sebuah obor dengan api yang menyala, hal ini merupakan lambang dari kebebasan. Sedangkan tangan kirinya memegang sebuah buku dengan tulisan “July 4, 1776” (menggunakan angka Romawi), yang mana merupakan hari kemerdekaan Amerika. Dia mengenakan jubah yang menjuntai dan 7 bayangan dari paku besar pada mahkotanya melambangkan 7 benua dan samudera.


Tinggi dari Patung Liberty kurang lebih 46 m. Total apabila di hitung dari dasar (karena patung ini memiliki alas setinggi 47 meter), patung ini memiliki tinggi sampai 93 m (305 kaki). Lapisan patung ini terbuat dari lempengan tembaga tempa dengan ketebalan 2.4 mm (0.01 in) yang di pasang pada rangka besi. Rangka besinya di buat oleh Insinyur Perancis yang juga membuat Menara Eifel, siapa lagi kalau bukan Gustave Alexander Eiffel.

Richard Morris Hunt yang merupakan arsitek Amerika mendesain alas patung ini menggunakan beton dan granit. Sebuah dinding berbentuk bintang mengelilingi alas setinggi 47 M ini. Dinding ini adalah bagian dari Fort Wood, tembok yang di bangun awal abad 19 untuk mempertahankan kota New York selama berlangsungnya perang 1812 (1812-1815).

Sejarah Patung Liberty

Pada awalnya, patung Liberty Enlightening the World di buat sebagai monumen untuk mengingatkan adanya aliansi yang pernah terjadi antara Perancis dan Amerika selama terjadinya Revolusi Amerika (1775-1783).


Patung Liberty ini di desain oleh Frédéric-Auguste Bartholdi yang mana merupakan seorang pemahat Perancis, dan selesai pada bulan Juli 1884. Rakyat Perancis menyumbangkan uangnya untuk membangun patung ini. Pemerintah Amerika sendiri membangun landasan untuk patung ini dari dana yang di himpun oleh pengusaha surat kabar yang bernama Joseph Pulitzer.


Patung ini pertama kali di pamerkan di Paris, kemudian di bongkar dan dikirimkan ke New York, dan dipasang kembali seperti saat ini. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.


Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 dibuat muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York.

Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan ,oleh presiden Amerika, Grover Cleveland pada 28 Oktober 1886 sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Patung Liberty, Sebuah Hadiah Untuk Amerika - Sejarah Patung Liberty di Amerika Serikat


Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty dirancang dan dibuat oleh Gustave Eiffel seorang Insiyur Perancing yang juga membuat menara Eifel di Paris Perancis.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon