Sunday, 8 January 2017

Sebab Ilmu Tidak bermanfaat

Sebab Ilmu Tidak bermanfaat - Belajar merupakan proses untuk memperoleh suatu ilmu. Tempat untuk mempeoleh ilmu bisa di sekolah ataupun di pesantren. 
Sebab Ilmu Tidak bermanfaat


Ilmu yang bermanfaat merupakan ilmu yang barokah karena tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga orang di sekitar kita. Mengapa ilmu yang diperoleh seseorang tidak bermanfaat. Berikut ini sedikit ulasan mengenai sebab ilmu tidak bermanfaat.

Diriwayatkan dari Wahab bin Munabbih dia berkata, “Salah seorang ulama Bani Israil mengumpulkan 70 peti buku ilmu pengetahuan. Masing-masing peti berukuran 70 hasta. Kemudian Allah menurunkan wahyu kepada nabi pada zaman itu agar dia menyampaikan kepada ulama itu, “Ilmu  itu tidak bermanfaat bagimu, walaupun mengumpulkan buku berlipat-ganda selama kamu memiliki tiga perkara: cinta dunia, berkawan dengan setan, dan menyakiti orang Muslim.”

Ini karena Fir’aun pun mengetahui kenabian Musa. Namun, pengetahuannya itu terhalang oleh cinta dunia dan kekuasaan, sehingga dia tidak mengikuti Musa dan ilmunya pun tidak bermanfaat. Demikian pula ilmu iblis tentang Adam as. dan ilmu orang Yahudi tentang  Nabi saw. Mereka tidak akan meraih kebahagiaan hanya dengan sekadar ilmu dan tidak akan menemukan hasil yang baik. Andaikan mereka mengamalkan apa yang mereka nasihatkan, niscaya mereka selamat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon