Monday, 6 February 2017

Cara Kerja Mesin ATM

Cara Kerja Mesin ATM - Teknologi memang sangat membantu kehidupan manusia zaman sekarang. Salah satunya adalah mesin ATM. ATM merupakan kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri. Dengan ATM kita hanya perlu kartu untuk mengambil uang, tanpa harus perlu antri di bank. Mungkin yang perlu antri adalah ketika antri di mesin ATM, namun itu tidak lama, mungkin hanya beberapa menit saja. Berbeda dengan mengambi uang via teller, lama dan lumayan ribet. Apalagi kalau mengambil uang di teller dengan jumlah banyak, tentu harus ada syarat-syaratnya.

Keunggulan ATM juga adalah kita tidak perlu ribet ketika bertransaksi, misalnya saja tranfer uang. Dengan menekan beberapa menu saja kita bisa mentranfer uang ke rekening lain. Mudah bukan ?

Berbicara mesin ATM, apakah sobat pembaca sudah tahu cara kerja mesin ATM ? Cara kerja mesin ATM akan saya jelaskan di sini. Cara kerja mesin ATM merupakan sistem Online. Coba perhatikan di atas ruangan ATM maka akan kita temukan sebuah antena. Antena inilah yang menghubungkan mesin ATM ke pusat (server).

Sekarang kita bahas dalam ruangan ATM. Di dalam ruangan mesin ATM kebanyakan dan seakan wajib terdapat CCTV atau kamera pengawas yang mana kamera ini bertugas sebagai pengawas jika terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya saja pembobolan mesin ATM. Di mesin ATM sendiri terdiri dari mesin dan juga komponen lain.

Cara Kerja Mesin ATM


Cara Kerja Mesin ATM

Ketika seseorang memiliki kartu ATM dan dimasukkan ke dalam mesin ATM maka mesin ATM akan mendeteksi kartu tersebut. Coba perhatikan di kartu ATM, disana akan terdapat nomor kartu yang mana merupakan kode pengenal di dalam mesin ATM. Setelah di masukkan maka mesin akan mengirimkan data ke server dan mengenali pemilik kartu.

Setelah itu kita akan memasukkan password. Jika antara kartu ATM dan password cocok maka kita dapat melakukan transaksi selanjutnya. Apakah di kartu ATM terdapat sejenis CHIP atau sensor pengenal ? Tentunya iya. Di dalam kartu ATM terdapat "kode" khusus yang dibuat agar tidak semua orang bisa membuat kartu serupa. Hal ini untuk mengantisipasi penggandaan kartu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya kodenya terdapat di bagian belakang, dan untuk nomor kartu terdapat dibagian depan.


Dari mana uang yang keluar dari ATM ? Tentu saja di dalam mesin ATM sudah disiapkan uang dalam jumlah tertentu dan pihak Bank tersebut yang mengisinya. Biasanya kunci untuk membuka mesin brangkas mesin ATM terdiri dari 2 orang dan juga di kawal polisi pada saat pengisian. 2 orang inilah yang dapat menambahkan uang. Kenapa 2 orang ? Karena mengatisipasi hal yang tidak inginkan, demi keamanan.

Apakah sudah paham tentang cara kerja mesin ATM ? Simpel bukan. Sekian dulu ya tentang cara kerja mesin ATM. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada teman sobat yang lain ya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon