Thursday, 2 February 2017

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama - Merawat pakaian merupakan hal sepele yang jarang orang perhatikan. Dengan merawat pakaian dengan baik dan benar maka akan membuat pakaian menjadi lebih awet. Walaupun pakaian mahal tetapi kalau kurang pandai merawat ya jangan salahkan jika cepat rusak, luntut warnanya dan lain sebagainya.

Di bawah ini ada beberapa tips merawat pakaian, yang mungkin saja sobat belum ketahui. 


Jangan Gunakan Air Panas Saat Mencuci atau Merendam Pakaian

Memang dengan merendam pakaian terlebih dahulu sebelum di cuci akan membuat lebih mudah ketika mencuci. Dengan merendam pakaian akan membuat kotoran yang menempel mudah hilang. Namun jangan sampai meredam sambil memanaskan. Hal ini akan berakibat lunturnya warna pakaian.

Pisahkan Pakaian Sesuai Warna

Memang agak ribet, namun memisahkan pakaian saat mencuci akan membuat warna pakaian warna tetap terjaga. Hal ini mengurangi pencampuran warna ketika ada salah pakaian yang luntur. Misalnya saja sobat mencuci warna hitam dan putih dan pakaian warna hitam luntur maka bisa saja hal itu menyebabkan pakaian warna putih menjadi agak gelap.

 

Keringkan dan Cuci Pakaian dalam Keadaan Terbalik

Ketika mencuci akan terjadi gesekan antar kain yang menyebabakan kotoran terlepas. Namun hati-hati jika jenis kain yang di cuci adalah kain halus dan kasar. Lebih baik balik saja kainnya agar tidak hilang kehalusannya kainnya.

Dan juga ketika menjemur sebaiknya dibalik agar warna tidak pudar ketika terkena sinar matahari langsung.

 

Tambahkan Garam Ketika Mencuci

Konon garam dapat membantu membersihkan kotoran dan juga membuat warna tetap terjaga. Terutama pakaian tebal. Cukup tambahkan garam sedikit pada cucian dan jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak akan membuat kain mudah sobek atau rusak

 

Jemur Sampai Benar-benar Kering

Musim penghujan membuat pakaian tidak kering-kering. Sebaiknya tunggu semua pakaian benar-benar kering agar tidak muncul jamur pada pakaian dan juga agar tidak muncul bauk apek.

 

Lipat Baju dan Simpan di tempat Kering

Setelah dijemur dan benar-benar kering silakan lipat dan tempatkan pada tempat yang kering atau tidak lembab. Bisa juga diberi pengharum pakaian pada almari penyimpanan agar semakin nyaman ketika menggunakannya.


Bagaimana sob, mudah dan simpel kan. Jangan remehkan perawatan pakaian di atas loh. Walau sederhana terkadang membuat kita lupa. Sekian dulu artikel tentang Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama. Semoga bermanfaat dan silakan share kepada temannya yang lainnya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon