Wednesday, 15 February 2017

Kebiasaan Makan Yang Salah Yang Memasyarakat

Kebiasaan Makan Yang Salah Yang Memasyarakat - Indonesia sebagai negara yang sangat luas tentunya banyak makanan khas yang patut untuk kia cicipi. Setiap daerah memiliki makanan spesial yang mana di daerah lain belum tentu ada. Keaneragaman makanan ini merupakan anugerah dari Allah SWT yang patut kita syukuri.

Baca juga : Sego Boranan, Makanan Khas Lamongan    

Berbicara masalah makanan. Terkadang masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan yang salah dalam hal adab makan. Kebiasaan yang salah ini seharusnya dari demi hari harus dihilangkan agar anak turun kita tidak mengikuti kebiasaan yang salah tersebut. Apa saja kebiasaan yang salah dalam hal makan ini ?

Ambil Banyak Tak Dihabiskan

Kebiasaan Makan Yang Salah Yang Memasyarakat

Karena terlalu lapar akhirnya piring makan dipenuhi, namun akhirnya tidak dihabiskan. Itu merupakan contoh adab makan yang salah. Cobalah ukur kekuatan perut kita. Kalau hanya muat sedikit sebaiknya ambil sedikit saja, atau kalau kurang bisa nambah lagi. Mubadzir loh kalau ambil makanan kemudian tidak dihabiskan. Kalau dalam pengajian kitab kuning dalam Bab Adab makan ini dijelaskan secara detail bahwa banyak malaikat yang menjaga makanan kita. Kalau membuang makanan begitu saja malaikat tidak suka hal itu. Dan hal itu bisa menghambat rezeki.

Kalau pun terpaksa tidak bisa menghabiskan maka dalam hati perbanyak istigfar karena telah melakukan kesalahan yakni tidak bisa menghabiskan makanan. Berusahalah menghabiskan makanan tersebut.

 

Makan Makanan Panas dan Ditiup

Kebiasaan Makan Yang Salah Yang Memasyarakat

 

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Dari Abu Qatadah ra., Rasulullaah SAW bersabda, Apabila kalian minum janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan.” (HR. Bukhari 153). Dalam hasil sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika air (H2O) bertemu dengan CO2 yang dihembuskan dari mulut, maka akan menghasilkan persenyawaan H2CO3, asam karbonat.

Dan jika asam karbonat itu masuk dalam tubuh maka bisa mengakibatkan penyakit jantung. Selain itu, mulut manusia yang penuh kuman atau mikroorganisme juga dapat mencemari makanan atau minuman dan ikut masuk ke dalam tubuh untuk dicerna.

 

Menjilati Jari Setalah Makan adalah Hal yang Jorok

Kebiasaan Makan Yang Salah Yang Memasyarakat

Menjilati makanan yang masih di jari bukanlah hal yang jorok. Bukan pula karena rakus atau kelaparan. Orang melakukannya karena meniru sunnah Nabi Muhammad SAW. Mungkin dari kita belum mengetahui bahwa menjilati makanan adalah sunah Nabi. Jangan hanya tahu menghitamkan jidat karena banyak bersujud saja ya.

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah bersabda, Jika salah seorang diantaramu makan, maka hendaklah ia menjilati jari-jemarinya, sebab ia tidak tahu dari jemari mana munculnya keberkahan.” (HR. Muslim).

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon