Wednesday, 8 February 2017

Mengapa Besi Berkarat

Mengapa Besi Berkarat - Fenomena besi berkarat mungkin adalah hal yang biasa kita lihat. Namun belum tentu diantara kita yang mengerti besi itu berkarat. Karena pada dasarnya apabila sering melihat sesuatu yang aneh maka akan terbiasa dan seolah cuek. 

Mengapa Besi Berkarat


Kembali ke topik mengapa besi berkarat. Secara ilmiah besi yang berkarat terjadi karena adanya proses korosi pada besi. Apa itu korosi? Korosi merupakan suatu reaksi redoks yang terjadi antara suatu logam dengan senyawa lain yang ada di sebuah lingkungan, misalnya di air atau di udara dan menghasilkan sebuah senyawa baru yang tidak dikehendaki, yakni senyawa oksida. Korosi atau karat yang terjadi pada besi adalah akibat dari reaksi antara besi, oksigen, dan air yang ada di udara yang kemudian membentuk oksida besi. Benda-benda yang terbuat dari besi, bisa mengalami korosi karena adanya kontak dengan udara dan air.

Besi berkarat semakin cepat karena adanya unsur garam. Coba saja perhatikan benda yang terbuat dari besi di sekitar pantai maka akan lebih cepat berkarat daripada yang ada di gunung. Maka dari itu motor dan motor yang berada di wilayah dengan dengan pantai akan lebih cepat berkarat daripada yang jauh dari pantai.

Di bawah ini ada beberapa tips sederhana yang bisa sobat coba agar besi yang sobat miliki tidak cepat berkarat. Demikian sekilas alasan mengapa besi bisa berkarat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon