Wednesday, 24 May 2017

Kenapa Engkau Enggan Bersalaman Setelah Sholat ?

Kenapa Engkau Enggan Bersalaman Setelah Sholat ? - Islam merupakan agama yang sempurna. Yang mana kita sebagai umat muslim diatur dalam segala hal. Begitulah Islam yang Rohmatan Lil Alamin.

Salah satu hal yang juga diatur dalam Islam adalah hal bersalaman. Ya bersalaman kepada muslim lain. Namun pada artikel ini yang perlu digaris bawahi adalah dalam hal setelah sholat.

Karena saya pernah dan bahkan sering bertemu dengan orang yang setelah sholat seakan-akan haram untuk melakukan salam dengan kanan kiri. Mengapa mereka demikian ? Setelah saya mencoba menelusuri dasar mereka untuk tidak bersalaman adalah karena hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
Kenapa Engkau Enggan Bersalaman Setelah Sholat ?

Antara Istigfar dan Salaman

Dasar mereka enggan untuk tidak bersalaman dengan orang kanan kiri mereka adalah lebih mengutamakan Istigfar. Saya mengerti bahwa istigfar memang kesunahan setelah sholat. Tetapi apa salahnya bersalaman dengan orang kanan kiri kita setelah sholat? Apakah itu berdosa ? Apakah hal itu menyebabkan masuk neraka ?

Padahal menurut ilmu agama yang pernah saya pelajari di pesantren bahwa hubungan manusia ada 2, yakni hubungan antara satu manusia dengan manusia lain dan yang kedua manusia dengan Allah. Kalau urusan dengan Allah asalkan kita benar-benar memohon ampun dan bertobat InsyaAllah, Allah mengampuni. Amin. Lain halnya dengan hubungan dengan sesama manusia yang mana apabila mempunyai salah harus dimaafkan agar kita bisa masuk surga-Nya. 

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا


“Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.” (HR. Abu Daud no. 5212, Ibnu Majah no. 3703, Tirmidzi no. 2727. Syaikh Al Albani menyatakan bahwa hadits ini shahih).
Dan salah satu cara agar dosa kita termafaat antara sesama muslim adalah bersalaman. Quran Lalu mengapa enggan bersalaman setelah sholat ?

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon