Tuesday, 2 May 2017

Sebenarnya Kuliah Untuk Apa ?

Sebenarnya Kuliah Untuk Apa ? Dalam melakukan sesuatu hal sebaiknya kita mulai dari niat. Dengan adanya niat maka tujuan akan tercapai. Dalam hal ibadah kita juga diajarkan demikian. Coba kita ingat ketika kita sholat yang pertama kali harus dilakukan, tentunya niat kan.

Masalah niat ini juga penting untuk para mereka yang akan kuliah. Karena terkadang seseorang yang kuliah tidak memiliki tujuan yang jelas dan setelah lulus kuliah baru menyadarinya. Apakah sobat juga demikian 

Di bawah ini ada beberapa hal penting terkait niat untuk kuliah, apa sebenarnya tujuan dari kuliah ? Apa sesuai dengan yang diharapkan ?

Kuliah Untuk Mencari Kerja


Mungkin niat kuliah untuk mencari kerja adalah yang paling banyak dipilih. Dengan bermodalkan ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi maka diharapkan bisa kerja di perusahaan yang berkelas. Bahkan banyak yang berusahaan agar bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan niatan setelah lulus mudah diterima kerja di perusahaan yang diidamkan.

Boleh saja berharap demikian namun juga perlu diperhatikan adalah masalah soft skill. Karena jika kuliah hanya mengandalkan ijazah tanpa memiliki kemampuan maka hal itu kurang sempurna. Karena perusahaan juga terkadang akan mengetes kemampuan calon karyawannya, bukan hanya soal ijazah saja.

Yang lebih aneh lagi adalah banyak orang yang tidak memiliki ijazah sekolah namun soal mencari uang yang berijazah kalah jauh. Pernahkah menemui orang yang demikian ? Orang yang tidak bisa membaca tapi truknya banyak sekali, orang yang lulusan SD tapi karyawannya ratusan, yang menjadi karyawan malah yang pernah mengenyam bangku pendidikan. 
Masih yakin kuliah untuk mencari kerja ?

Memperluas Jaringan 


Dengan kuliah kita dapat banyak relasi, banyak kenalan, apakah benar seperti itu? Bukankah sekarang zaman sosial media, yang mana kita bisa saling mengenal bahkan belum pernah sekalipun bertemu. Perkembangan teknologi memang berpengaruh dalam Sosial kemasyarakatan

Kuliah memang efketif agar punya banyak kenalan. Biasanya para mahasiswa agar punya banyak kenalan mereka bergabung dengan berbagai kelompok organisasi atau forum. Dengan begitu berharap memiliki banyak kenalan. 

Mencari Pengalaman


Kalau ditanya soal perbedaan antara orang kuliah dan tidak kuliah yang memang ada bedanya. Namun bukan berarti yang tidak kuliah tidak pengalaman. Hanya saja pengalaman mereka berbeda dan tidak sama.

Kuliah atau tidak kuliah selagi mudah cari pengalaman yang bersifat positif yang mungkin saja kelak dibutuhkan. Jangan mencari pengalaman yang bersifat negatif.

Kuliah Untuk Cari Jodoh

Ini mungkin niat kuliah yang agak nyeleneh. Hahaha. Ya bisa saja kuliah untuk mencari jodoh. Yang niat seperti semoga saja berhasil. Jangan sampai niat kuliah mencari jodoh eee sampai lulus tidak dapat jodoh. Wwkwkk

Mencari Ilmu dan Ridho Allah


Pada point ini niat yang paling bagus. Kuliah mencari ilmu dan ridho Allah. Semoga saja banyak yang memilih kuliah dengan noat mencari Ilmu dan Ridho Allah. Ilmunya bermanfaat dunia akhirat dan barokah. 

Niat diletakkan di depan atau sebelum melakukan sesuatu. Karena itulah dari sekarang yang kuliah dengan tujuan yang kurang jelas semoga dapat memperjelasnya niatnya. Karena dengan niat akan berefek pada akhirnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon