Thursday, 4 May 2017

Sholat Tahajud Dan Manfaatnya

Sholat Tahajud Dan Manfaatnya - Salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan adalah sholat sunah tahajud. banyak sekali manfaat dari sholat tahajud ini. Apa saja manfaat sholat tahajud  dan Bagaimana hukum sholat tahajud ini ?

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat Tahajud Dan Manfaatnya

 


Sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah seseorang bangun dari tidurnya, walaupun tidurnya hanya sebentar. Waktu yang dianjurkan untuk sholat sunah tahajud adalah sepertiga malam terakhir, sekitar jam 2 pagi sampai waktu subuh.

Hukum dari sholat tahajud adalah sunah muakkad (sunah yang dianjurkan). Hukum ini berdasarkan dalil dari Al-Qur-an, Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan ijma’ para ulama. Serta jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat tanpa ada batas maksimalnya.



Dalil Sholat Sunah Tahajud


Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Shalat yang paling utama setelah shalat yang fardhu adalah shalat di waktu tengah malam.

Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji” [Al-Israa/17 : 79].

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?…” [Az-Zumar/39 : 9].


Manfaat Sholat Tahajud

Berdasarkan Al Quran dan Hadits banyak sekali manfaat dari sholat tahajud. Apa saja manfaat dari sholat tahajud ini ? 

Derajat Ditinggikan

Salah manfaat dari sholat tahajud adalah ditinggikan derajat kita. Hal ini berdasarkan dalil

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra [17]: 79).

Waktu Doa Yang Mustajab

Jika sobat pembaca Kang Santri memiliki hajat yang penting silakan sholat tahajud. Karena Imam Syafii berkata : "do’a pada waktu tahajud bagaikan anak panah yang tidak akan pernah meleset dari sasarannya."

"Allah turun ke langit di waktu sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan Kuampuni baginya sampai tiba waktu subuh." (Al-Hadits)

Meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat


Manfaat shalat tahajud yang ketujuh adalah meringankan kita ketika berdiri pada hari kiamat nanti. Keterangan tentang ini sesuai yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas ra, yang berkata: “Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).


Badan Lebih Sehat, Terhindar Dari Penyakit

Tentunya setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat. Jika ingin sehat perbanyaklah sholat tahajud.

“Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

Wajah Menjadi Berseri-seri

Wajah yang berseri-seri akan banyak disukai orang. Jika ingin wajahnya berseri-seri cobalah untuk sholat tahajud.

Imam Ibnul Qayyim pernah berkata: “Sesungguhnya shalat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan shalat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Shalat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus”.

Pernah suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, “Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?”. Hasan Basri menjawab: “Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).


Jaminan Masuk Surga

Kesuksesan adalah dapat masuk surga-Nya. Dan salah satu manfaat dari sholat tahajud adalah dapat jaminan masuk surga-Nya

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali silaturrahim, dan shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon