Wednesday, 12 July 2017

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan - Masjid Namira, mungkin nama ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Masjid besar dengan arsitektur modern terletak di selatan kota Lamongan. Parkir yang luas serta masjid yang full ac membuat orang beta berlama-lama di masjid Namira. 

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan

Memang demikian, awal mulanya bangunan masjid ini terletak agak ke timur namun sekarang di bangun lagi di sebelah barat dan bangunannya lebih besar. Masjid ini membuat banyak orang penasaran. Adapula Kiswah yang membuat banyak orang untuk foto-foto disana. 

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan

Di Balik Kemegahan Masjid Namira Lamongan


Mungkin para pembaca sudah pernah kesana sehingga tak perlu lagi saya jelaskan seperti apa Masjid Namira. Namun terkadang ada yang setelah datang ke Masjid Namira malah tidak ingin kesana lagi. Mengapa demikian ?

Salah satu faktor penyebabnya adalah ketika jamaah Imamnya tidak membaca Bismillah di awal surat Al Fatihah di dalam sholat. Bagi warga NU membaca Bismillah merupakan hal wajib dan jika tidak membacanya tentunya sholatnya tidak sah. Teman saya sendiri pernah saya ajak untuk sholat Jumat disana, ternyata dia malah menolak karena hal tersebut (imam tidak membaca Bismillah)

Apa susahnya membacanya Bismillah ? Namun ada yang mengatakan bahwa imam membaca Bismillah namun pelan-pelan. Ya semoga saja benar-benar membaca Bismillah.

Dan semoga khutbah dan ceramah di Masjid tersebut mendamaikan dan tidak mengadu dombah. Khutbah yang tidak mengkafir-kafirkan dan tidak membid'ahkan kelompok lain. Karena Islam merupakan agama yang damai bukan agama yang mengajarkan kekerasan. 

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda :

سنن أبي داوود ٣٧٩: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَنَسٍ وَقَتَادَةُ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ


 
Sunan Abu Daud meriwayatkan, Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah Al Khuza’i telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas dan Qatadah dari Anas bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan tiba Hari Kiamat sampai manusia bermegah-megahan dalam membangun Masjid.”

Wallahu A'lam Bi Showab...

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon