Thursday, 13 July 2017

Profil Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Profil Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto - Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto adalah sebuah pondok pesantren yang berlokasi di perbatasan antara Desa Jampirogo dan Desa Japan, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Ponpes ini didirikan pada tahun 2000 oleh 3 kiai terkenal di Mojokerto: K.H. Mas'ud Yunus, salah seorang ulama terkemuka dan juga Walikota Mojokerto, yang merupakan pendiri sekaligus Ketua Badan Perkumpulan Pendidikan dan Sosial Al-Amin; K.H. Muthoharun Afif, yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Mojokerto; dan K.H. Abdul Aziz, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khodijah Mojokerto.

Profil Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto


Sebagaimana sudah jamak dipahami, pesantren secara historis telah menahbiskan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang menekankan pada apa yang disebut dengan akhlaqul karimah, sebuah istilah yang sepadan dengan istilah karakter. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran dan pendidikan di dalam pesantren tidak hanya menekankan kecerdasan kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Dan persis itulah yang menjadi semangat dan cita-cita dari berdirinya Pondok Pesantren Al-Amin, dengan visinya yaitu Ilmu Amaliyah, Amal Ilmiyah, dan Akhlaqul Karimah, berdasarkan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Proses pendidikan di pesantren ini bertujuan untuk menghasilkan para alumni yang mampu tampil sebagai kader-kader ulama dan pemimpin yang cerdas dan bermoral yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Pondok pesantren ini merupakan pesantren yang telah teruji di Kabupaten Mojokerto dan telah melahirkan banyak alumni berintegritas dan menjadi tempat penting pendidikan di Jawa Timur. Lembaga pendidikan ini adalah lembaga pendidikan berbasis pesantren yang ditempuh selama 6 tahun dengan menerapkan perpaduan Kurikulum Pesantren dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia dengan tingkatan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (SMA).

Hingga kini, para alumni Pondok Pesantren Al-Amin telah tersebar dan melanjutkan proses pendidikan di pesantren-pesantren tingkat lanjut, seperti Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Ploso di Kediri serta Ma'had Aly Hasyim Asy'ari di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Sebagian besar dari mereka melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi ternama seperti UGM, UI, IPB, Unair, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim, dan UIN Sunan Ampel.

Jl. R.A Basuni, Jampirogo, Sooko, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61361, Indonesia +62 321 329676



sumber : Wikipedia

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon