Thursday, 20 July 2017

Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter

Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter - Bagi yang bergelut dengan dunia cetak atau di kantor yang mana setiap hari bertemu dengan kertas cetak mungkin tidak asing lagi dengan kertas A4 atau F4.

Namun yang sering kita lihat di MS Word adanya ukuran kertas Legal, Letter, A3, A4, A5, dan lain sebagainya. Ya memang demikian, ukuran kertas memang banyak jenisnya. 


Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter


Kali ini kita akan bahas mengenai ukuran kertas Legal dan Letter. Karena mungkin ada yang mengira bahwa ukuan Legal adalah sama dengan Folio atau F4 dan Letter sama dengan A4. 

Kita mulai dari kertas Legal. Kertas ini ukuran lebih panjang dari kertas Folio atau F4. Selisih sekitar 3 Cm. Ukuran Legal diberi nama oleh IEEE Printer Working Group yang digunakan oleh anak untuk menulis dan menggambar di Amerika Serikat dan Kanada. 

Ukuran Legal pertama kali disebarkan oleh Herbert Hoover waktu dia menjabat sebagai sekertaris perdagangan Amerika Serikat sebagai ukruan dari formulir pemerintah resmi. 

Sedangkan ukuran kertas Letter awalnya masih dibuat dengan tangan belum dibuat dengan mesi. Ukurannya berasal dari bentangan maksimum lengan pekerja pembuat kertas. Namun seiring dengan perkembangan zaman ukuran kertas letter telah dirubah sedemikian rupa. 

Secara resmi ukuran kertas Legal adalah 8.5 X 14 inch atau dalam ukuran centimeter ialah 21.6 X 35.6 cm. Dan untuk ukuran letter ialah 8.5 X 11 inch atau 21.6 X 27.9 cm. Semoga bermanfaat.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon